Kuota Internet Selalu Hangus Tiap Bulan? Ini Tips untuk Mengatasinya

Kuota Internet Selalu Hangus Tiap Bulan? Ini Tips untuk Mengatasinya

Naviri Magazine - Tawaran kuota internet besar dengan harga murah tentu sangat menggiurkan. Apalagi, kini layanan streaming hingga game membutuhkan kuota yang tidak sedikit. Tapi, apakah benar hanya kuota besar saja yang dibutuhkan?

Masa aktif kuota juga tidak kalah penting. Jika sekali dua kali mungkin kamu tidak akan merasa dirugikan dengan hangusnya kuota, namun coba hitung jika dalam 1 tahun ada berapa banyak kuotamu yang hangus sia-sia?

Padahal, kuota dengan masa aktif yang awet kerap lebih dibutuhkan, terutama untuk komunikasi dan media sosial. Dengan masa aktif yang panjang, pengguna juga bisa lebih hemat karena tidak harus terus menerus membeli paket kuota, karena dikejar-kejar masa aktif yang pendek.

Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menyiasati agar masa aktif kuota tetap awet. Berikut kiat-kiatnya.

Cek terus penggunaan kuota

Penggunaan kuota yang efisien adalah yang sesuai dengan kebutuhan. Karena itu, untuk menakar kebutuhan kuota harian, pelanggan harus mengecek penggunaan kuota secara berkala.

Caranya, dengan pilih opsi Cellular lalu Current Period di iPhone-mu, atau Settings lalu pilih opsi Data Usage di Android. Jika ingin lebih mudah, carilah aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang dapat mengecek bahkan menganalisa penggunaan kuota harianmu.

Setelah itu, pelanggan pun bisa memutuskan untuk memilih paket internet yang lebih bijak di bulan berikutnya.

Gunakan layanan OTT yang bisa download konten dengan sisa kuota

Layanan OTT (Over The Top) seperti streaming musik hingga video makin marak saat ini. Layanan OTT video tentu akan menghabiskan kuota yang besar. Kalau tidak bijak dalam menggunakannya, pelanggan bisa boros dan masa aktif kuota pun tidak dihabiskan dengan efektif.

Untuk menyiasatinya, selain streaming kamu bisa download terlebih dulu konten musik ataupun film yang ingin ditonton dengan sisa kuotamu, baru setelahnya kamu bisa tonton konten tersebut kapan pun kamu mau, jadi tidak rugi kalau besok kuotanya hangus.

Sesuaikan kebiasaan menggunakan internet dengan gaya hidupmu

Kebutuhan internet setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengutamakan medsos, komunikasi, hiburan, sumber informasi, dan lain-lain. Banyaknya kuota yang dibutuhkan setiap orang pun berbeda-beda.

Karena itu, sesuaikan penggunaan internet dengan gaya hidup. Selain mengecek kuota secara berkala seperti pada poin pertama, pelanggan juga bisa mempertimbangkan paket atau layanan khusus untuk kebutuhan, misalnya free streaming YouTube untuk yang memiliki hobi menonton video.

Jika tidak membutuhkan kuota yang besar sehari-hari, pengguna bisa mempertimbangkan paket data yang lebih sedikit namun efektif daripada membeli paket dengan kuota banyak tapi sia-sia.

Related

Tips 2851637312355516875

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item