Mengapa Banyak Orang Suka Curhat ke Media Sosial? Ini Jawabannya

Mengapa Banyak Orang Suka Curhat ke Media Sosial? Ini Jawabannya

Naviri Magazine - Bagi yang biasa menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau lainnya, pasti sudah biasa menemui orang-orang yang curhat di sana. Bentuk curhatnya macam-macam, bisa sangat panjang, bisa pula pendek-pendek. Yang dicurhatkan pun bisa soal keluarga, hubungan dengan pasangan, dan lain-lain.

Mengapa banyak orang yang tampaknya suka curhat ke media sosial?

Aksi-aksi meluapkan emosi di media sosial didorong oleh sejumlah alasan. Dilansir The Times of India, perasaan terluka atau kemarahan seseorang mendorong orang-orang untuk menuliskan cerita personal mereka di internet. Saat kesabaran orang tandas, platform-platform media sosial hadir sebagai medium yang melanggengkan emosi negatif.

Sebuah penelitian di Cina juga menyatakan, kemarahan lebih cepat disebarkan di dunia online dibanding emosi lain, seperti kesedihan atau kegembiraan.

Karakteristik media baru yang memungkinkan cepatnya respons diterima juga memicu pemilihan media sosial sebagai tempat meluapkan emosi. Ketika orang menuliskan pengalamannya di media sosial, yang diharapkan adalah seluruh mata pengikut akunnya tertuju kepada dia.

Validasi eksternal berupa ungkapan simpati atau dukungan sampai popularitas adalah hal yang mungkin dikejar mereka yang gemar berkisah tentang hal privatnya di media sosial.

Mereka ingin mengukuhkan kubu, lantas dengan ‘kekuatan’ yang ada, menyerang balik pihak yang dianggap merugikan. Bukan tidak mungkin pula aksi mempermalukan ‘si musuh’ kemudian dilakukan, lantaran terciptanya solidaritas dari status atau caption yang diunggah.

Pemilihan media sosial sebagai diary masa kini juga dikarenakan orang-orang bisa sepuasnya membeberkan hal-hal yang menyinggung mereka tanpa perlu menyebutkan pihak bersangkutan, alih-alih mengonfrontasi langsung.

Ada konsekuensi-konsekuensi tertentu yang harus dihadapi begitu meluapkan unek-unek di depan muka pihak bersangkutan, inilah yang ingin dihindari si penggemar curhat di media sosial.

Related

Psychology 1268381528102378524

Recent

item