Mengapa Pesawat Bisa Terbang? Ini Jawabannya

Mengapa Pesawat Bisa Terbang? Ini Jawabannya

Naviri Magazine - Faktor paling penting dari pesawat adalah bentuk sayapnya. Selain itu, bagian belakang sayap pesawat lebih tajam, dan sisi bagian atasnya lebih melengkung dibanding bagian bawahnya.

Hal itu menjadikan arus udara pada bagian atas lebih rapat dibanding bagian bawah, dan mengakibatkan perbedaan kecepatan aliran udara serta tekanan udara di atas dan bawah sayap. Perbedaan besar tekanan itu disebut gaya angkat.

Agar besi yang berat (pesawat) bisa terangkat, gaya angkatnya harus lebih besar dibanding gaya berat pesawat. Agar gaya angkat lebih besar, maka pesawat harus terbang lebih cepat.

Ketika sudah berada di ketinggian tertentu, kecepatan pesawat diatur agar gaya angkatnya sama dengan gaya beratnya, sehingga pesawat dapat terbang dengan stabil—tidak naik atau turun.

Ketika sudah akan sampai di tujuan, kecepatan pesawat akan diturunkan, agar gaya angkatnya berkurang dan pesawat dapat turun.

Related

Science 8152862028631356053

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item