Tips Mengatasi Memar Pada Kulit, agar Bekasnya Lekas Hilang

Tips Mengatasi Memar Pada Kulit, agar Bekasnya Lekas Hilang

Naviri Magazine - Umumnya, memar terjadi saat orang terbentur atau terkena pukulan. Namun, ada juga orang yang lebih sering mengalami memar, misalnya mereka yang sangat aktif seperti atlet, yang rentan mengalami risiko cedera seperti patah tulang, keseleo, dan pembengkakan otot selama latihan atau saat berolahraga.

Pada awalnya, memar bisa berwarna kemerahan, kemudian berubah menjadi biru atau ungu gelap dalam beberapa jam, kemudian kuning atau hijau setelah beberapa hari.

Anda perlu menghubungi dokter jika memar disertai dengan bengkak dan rasa sakit yang luar biasa. Juga kala sering memar tanpa alasan yang jelas, memar pada bagian bawah kuku atau kuku jari kaki, atau kondisi memar tidak membaik dalam dua minggu.

Bila tidak mengalami hal-hal tersebut, Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Saat memar masih kemerahan, segera kompres daerah yang memar dengan es yang dibungkus handuk selama 20-30 menit, untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi pembengkakan.

Setelah sekitar 48 jam, kompres area memar dengan handuk hangat selama 10 menit atau dua sampai tiga kali sehari, untuk meningkatkan aliran darah ke daerah yang memar. Hal ini akan membuat warna memar memudar.

Anda juga bisa mengoleskan krim vitamin K untuk mengurangi keparahan memar, atau gel lidah buaya murni untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Vitamin C juga bisa dikonsumsi, karena memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu penyembuhan luka. Anda bisa memilih gel, krim, serum, atau makanan yang mengandung vitamin C dalam buah dan sayuran.

Related

Tips 137338491464341817

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item