Mengenal Manfaat dan Khasiat Siwak (Gosok Gigi dengan Kayu Siwak)

 Mengenal Manfaat dan Khasiat Siwak (Gosok Gigi dengan Kayu Siwak)

Naviri Magazine - Banyak hadits yang meriwayatkan tentang siwak, dan anjuran menggunakannya. Di antaranya hadits berikut ini. “Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Siwak adalah pembersih mulut dan sebab ridhanya Rabb'.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Diriwayatkan dari Hudzaifah ra., dia berkata, “Nabi Saw selalu menggosok giginya dengan siwak setiap bangun dari tidur malam hari.” (HR Bukhari)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersiwak dalam waktu puasa dan tidak, pada waktu wudhu, ketika akan shalat, atau memasuki rumah. Beliau bersiwak dengan kayu (dahan) Araak. Bila tidur, siwak itu diletakkan di dekat kepalanya, dan jika bangun tidur beliau mulai bersiwak.

Dalam kitab Ath-Thubbun Nabawi (Medis Nabawi) yang disusun oleh Ibnul Qoyyim, dijelaskan manfaat siwak antara lain:

- membersihkan mulut
- membersihkan gusi
- mencegah pendarahan
- menguatkan penglihatan
- mencegah gigi berlubang
- menyehatkan pencernaan
- menjernihkan suara
- membantu pencernaan makanan
- memperlancar saluran napas (bicara)
- menggiatkan bacaan
- menahan kantuk

Penelitian terbaru terhadap kayu siwak menunjukkan bahwa siwak mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plaque (plak), mencegah gigi berlubang, serta memelihara gusi.

Related

Moslem World 2729977835616712183

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item