Michael Jackson, di Antara Masa Kecil Suram dan Awal Popularitasnya

Michael Jackson, di Antara Masa Kecil Suram dan Awal Popularitasnya

Naviri Magazine - Michael Joseph Jackson lahir pada 29 Agustus 1958 di Gary, Indiana, sebuah daerah industri di pinggiran Chicago. Ia keturunan seorang Afrika-Amerika, Joseph Walter "Joe" Jackson, dan Katherine Esther Scruse. Ia anak ke-7 dari 9 bersaudara. Saudaranya antara lain Rebbie, Jackie, Tito, Jermaine, La Toya, Marlon, Randy, dan Janet.

Joseph Jackson pernah bermain di sebuah band R&B bernama The Falcons, bersama saudaranya, Luther.

Jackson pernah menyatakan bahwa sejak kecil ia mengalami kekerasan dari ayahnya, baik secara fisik maupun mental, seperti latihan yang tak henti-henti, cambuk, dan memanggilnya dengan panggilan kasar. Namun demikian, ia juga mengakui bahwa kedisiplinan yang diterapkan ayahnya membawa pengaruh besar bagi kesuksesannya.

Marlon Jackson menceritakan, pernah dalam suatu perselisihan, Michael diangkat terbalik kemudian dipukuli di punggung dan pantatnya. Pernah pula di suatu malam, ketika Michael sedang tidur, Joseph memanjat dari kamarnya ke pintu kamar Jackson. Dengan mengenakan topeng menakutkan, ia masuk ke kamar, berteriak keras, menakut-nakuti Michael.

Joseph mengatakan bahwa ia melakukan itu untuk mengajar anak-anaknya agar tidak membiarkan jendela kamar terbuka ketika tidur. Selama bertahun-tahun setelah peristiwa tersebut, Michael sering mengalami mimpi ia diculik dari kamarnya. Pada tahun 2003, Joseph mengakui pernah mencambuk Michael ketika ia masih kecil.

Jackson pertama kali membicarakan masalah masa kecilnya ketika ia diwawancara oleh Oprah Winfrey pada 1993. Ketika itu, ia juga berkata bahwa pada saat kecil, ia sering menangis kesepian, dan kadang-kadang muntah ketika melihat ayahnya. Pada acara Living with Michael Jackson (2003), Michael terlihat menangis menutupi wajahnya, ketika ia menceritakan masa kecilnya.

Jackson menampilkan bakat musiknya di usia belia, ketika ia menyanyi di depan teman-teman sekelasnya pada resital Natal di usia lima tahun. Pada 1964, Michael dan Marlon bergabung dengan the Jackson Brothers—sebuah band yang didirikan oleh saudara-saudaranya: Jackie, Tito, dan Jermaine—sebagai musisi pendukung, Michael memainkan congas, sementara Marlon tamborin.

Beberapa lama kemudian, ia mulai mengambil peran sebagai penyanyi latar dan ikut menari. Akhirnya, pada umur 8 tahun, ia dan Jermaine menjadi penyanyi utama, dan nama kelompok musik ini diganti menjadi The Jackson 5. Band ini melakukan tur di bagian tengah Amerika Serikat secara ekstensif pada 1966 hingga 1968. Pada 1966, mereka memenangi beberapa acara pencari bakat tingkat lokal.

The Jackson 5 telah merekam berbagai lagu, termasuk "Big Boy", untuk label rekaman lokal Steelwotn di tahun 1967, dan menandatangani kontrak dnegan Motown Records di tahun 1968.

Majalah Rolling Stone ketika itu menggambarkan Michael sebagai " keajaiban" (prodigy) dengan "bakat musik yang luar biasa".

The Jackson 5 mulai masuk pada chart ketika empat single pertamanya ("I Want You Back", "ABC", "The Love You Save," dan "I'l Be There") menempati tangga pertama pada Billboard Hot 100.

Pada masa awal The Jackson 5, bagian relasi publik Mowton mengklaim bahwa Michael berumur 9 tahun, meskipun sebenarnya ia berumur 11 tahun ketika itu. Mulai tahun 1972, Michael merilis empat album solo dengan Motown, di antaranya Got to Be There dan Ben. Penjualan band ini menurun pada 1973.

Related

Celebrity 8025276210347130236

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item