Mengenal Musical.ly, Aplikasi Video Lip Sync Terpopuler di Dunia

Mengenal Musical.ly, Aplikasi Video Lip Sync Terpopuler di Dunia

Naviri Magazine - Musical.ly adalah aplikasi yang digemari remaja. Banyak anak muda membuat video lip sync atas musik yang mereka suka, dan ini menjadikannya sebagai aplikasi lip sync yang populer. Pada 2016 saja, mereka sudah punya 120 juta pengguna.

Musical.ly menambah daftar startup China yang sukses menembus pasar global, termasuk Amerika Serikat dan Eropa, yang konon sulit ditembus. Hal ini pula yang akhirnya membuat sebuah perusahaan besar tertarik untuk mengakuisisi Musical.ly.

Perusahaan agregator konten digital asal China, Bytedance, memutuskan langkah untuk mengakuisisi Musical.ly. Bytedance menggambarkan kesepakatan tersebut sebagai "merger", dan tidak memberikan rincian transaksi.

Namun, berdasarkan informasi terpercaya yang diterima kantor berita Bloomberg, disebutkan bahwa harga Bytedance mengakuisisi Musical.ly adalah sebesar 800 juta dolar AS atau sekitar Rp 10,8 miliar.

"Musical.ly akan terus beroperasi sebagai platform independen, mengintegrasikan teknologi AI terdepan di AS, dan memanfaatkan jangkauannya di China dan pasar utama di seluruh Asia untuk meningkatkan produk Musical.ly kepada pengguna, kreator, dan mitra," kata Bytedance, dikutip dari Nasdaq.com.

Musical.ly didirikan pada tahun 2014 di Shanghai, China, oleh Alex Zhu dan Yang Luyu. Setelah mendapat sambutan yang baik, Musical.ly membuat aplikasi baru untuk live streaming yang mereka beri nama Live.ly.

Sementara Bytedance didirikan pada 2012 dan sekarang mereka banyak didukung pendanaannya dari investor Silicon Valley, yang termasuk Sequoia Capital dan Digital Sky Technology.

Produk unggulan Bytedance adalah Toutiao, yang memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sebagai agregator berita lebih lebih dari 120 juta pengguna aktif setiap hari. Produk lain yang mereka punya adalah Flipagram, Topbuzz, dan Tik Tok.

Bytedance sekarang bukan cuma beroperasi di China, tetapi juga di New York dan Los Angeles.

Related

Music 2502964722419523114

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item