Hasil Studi: Ngupil Bisa Membuat Orang Lebih Sehat dan Bahagia

Hasil Studi: Ngupil Bisa Membuat Orang Lebih Sehat dan Bahagia

Naviri Magazine - Mengorek lubang hidung dengan jari alias ngupil merupakan kebiasaan naluriah bagi tiap orang. Ada perasaan lega ketika berhasil mengambil kotoran yang menumpuk di balik lubang hidung.

Tapi pernahkah Anda berpikir ada manfaat di balik kebiasaan tersebut? Sebuah penelitian, yang dilansir laman Independent, menemukan bahwa ngupil berpengaruh positif bagi pertumbuhan anak-anak.

Alasannya, lendir yang dihasilkan dari kegiatan ngupil dapat menghalangi bakteri jahat untuk menginfeksi tubuh Anda. Bahkan peneliti dari Austria, Prof Friedrich Bischinger, mengatakan bahwa orang-orang yang sering ngupil lebih bahagia dan sehat, dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

"Ngupil adalah cara yang baik dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan secara medis ini baik untuk dilakukan," kata dia.

Peneliti bahkan mencari cara untuk membuat lendir sintetis yang bisa dijadikan permen karet atau pasta gigi, untuk memberi manfaat yang sama. Terlebih lagi, ada bukti yang menunjukkan bahwa lendir dalam ingus bisa bertahan melawan infeksi saluran pernapasan, sakit maag, dan HIV.

Melalui penelitian ini, mereka berharap bisa meluruskan pendapat yang keliru soal kebiasaan ngupil, sekaligus menyanggah pendapat ahli bahwa ngupil bisa mendorong penularan kuman dan menyebabkan pendarahan.

Related

Science 2319895278255938777

Recent

item