Orang Indonesia Masih Sedikit yang Menggunakan Asuransi Kesehatan

Orang Indonesia Masih Sedikit yang Menggunakan Asuransi Kesehatan

Naviri Magazine - Mayoritas masyarakat Indonesia belum menganggap proteksi diri sebagai kebutuhan. Per 2017, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat indeks literasi asuransi masih cukup rendah. Dari 100 orang, hanya 15–16 yang memahami asuransi dan tersisa 12 yang menggunakannya.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pun mengungkap, hingga kuartal pertama 2019, bisnis asuransi belum bisa berlari kencang.

Bekal literasi keuangan, terutama asuransi, penting untuk mengatasi beragam tantangan finansial dalam perjalanan kita menuju kesejahteraan. Misalnya tantangan biaya kesehatan yang tiap tahun meningkat tanpa melihat siapa kita, berapa besar gaji kita, lajang atau menikah.

Karena itu, asuransi bukan hanya milik orang-orang berduit. Justru kesadaran akan kondisi finansial yang terbatas membuat seseorang tergerak melindungi keuangannya.

Mahalnya biaya pengobatan, menurut OJK, bisa diatasi bila kita memiliki asuransi kesehatan. Apalagi melawan penyakit tak hanya menguras emosi dan fisik. Dalam situasi darurat, seseorang tak jarang memerlukan dana relatif besar sehingga mengancam kestabilan finansial: hal yang biasanya turut membebani orang terdekat.

Bila hal buruk terjadi, asuransi juga diperlukan untuk menjamin ketersediaan dana bagi orang-orang yang ekonominya sangat bergantung kepada pencari nafkah utama.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi Penyakit Tidak Menular seperti kanker, stroke, penyakit ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi, yang termasuk penyakit kritis, mengalami peningkatan dibandingkan enam tahun lalu.

Riset KPPPA dan BPS menyebut gaya hidup memengaruhi faktor kesehatan—konsumsi makanan tak sehat, kurang olahraga, stres, rokok dan alkohol berlebihan.

Related

Money 9028186862515232442

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item