Soekarno, Presiden Indonesia Paling Fenomenal di Dunia

 Soekarno, Presiden Indonesia Paling Fenomenal di Dunia

Naviri Magazine - Soekarno menjabat sebagai Presiden pertama Republik Indonesia sejak 18 Agustus 1945, sehari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Jabatan kepresidenan Soekarno berakhir pada 22 Februari 1967.

Soekarno, yang pernah punya nama lahir Kusno Sosrodihardjo (nama pemberian orang tuanya), merupakan Presiden yang sangat fenomenal. Di masa kekuasaannya, Republik Indonesia selalu diidentikkan dengan nama Soekarno.

Soekarno di masa pemerintahannya pernah dianggap sebagai penyambung suara Dunia Ketiga. Ia dielu-elukan sebagai pemimpin andal, baik di Barat maupun Timur. Presiden Soekarno juga banyak memberikan gagasan-gagasan di dunia Internasional, seperti mengambil inisiatif untuk mengadakan Konferensi Asia-Afrika di Bandung tahun 1955. Konferensi ini juga membuahkan Gerakan Non-Blok tahun 1961.

Soekarno juga dikenal berani oleh lawan-lawan politiknya. Dia disegani oleh pemimpin-pemimpin bangsa lainnya. Soekarno dikenal tak takut dengan kekuatan poros Barat yang digawangi oleh Amerika Serikat.

Bahkan, saat konfrontasi dengan Malaysia, Soekarno berani menyerukan “Ganyang Malaysia”, karena negeri tetangga itu dianggap telah menyinggung harkat dan martabat bangsa. Aksi ganyang itu dilontarkan Soekarno, karena saat demonstrasi anti-Indonesia di Kuala Lumpur, para demonstran menginjak-injak lambang negara Indonesia.

Soekarno juga dianggap sebagai founding father republik ini. Sejak muda, dia aktif dalam pergerakan nasional demi Indonesia merdeka. Ketika ditangkap Belanda tahun 1929 karena aktivitasnya di PNI, Soekarno mengajukan pledoi pembelaan yang fenomenal, judulnya “Indonesia Menggugat”, yang diucapkan di Landraad Bandung tahun 1930.

Sejak itu, Soekarno pernah ditangkap kembali dan diasingkan ke Flores dan Bengkulu. Soekarno pun memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 di Jakarta, ditemani rekan seperjuangannya, Mohammad Hatta.

Selain memiliki daya tarik politik, Soekarno juga punya kharisma dan pesona yang kuat, sehingga membuat banyak perempuan terpikat. Beberapa perempuan pernah hadir sebagai penghias hati Soekarno. Apalagi Soekarno memang seorang pecinta dan pemuja wanita.

Dalam wawancara dengan Cindy Adams, penulis biografinya, Soekarno bahkan mengatakan dengan jujur, “I’m a very physical man. I must have sex everyday.”

Ada 9 perempuan yang pernah dekat dengan Soekarno, yaitu Siti Utari Tjokroaminoto, Inggit Ganarsih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manopo, Naoko Nemoto yang kemudian berganti nama menjadi Ratnasari Dewi, Haryati, Yurike Sanger, dan Heldy Djafar. Kesembilan perempuan itu jatuh dalam pesona Soekarno.

Related

History 4867210318211071936

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item