Sri Mulyani Akan Kejar Pajak Pedagang Online yang Jualan di Medsos

Sri Mulyani Akan Kejar Pajak Pedagang Online yang Jualan di Medsos

Naviri Magazine - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bercerita soal susahnya mengejar pajak bagi pelaku ekonomi digital. Hal itu disampaikannya di depan para pegiat ekonomi digital, pada acara Gerakan 1000 Startup di Istora Senayan.

Menurutnya, hingga kini seluruh dunia memang sedang sibuk mencari cara untuk mengejar pajak ekonomi digital.

"Kalau kita omongin pajak, langsung ramai. Belanjanya senang, pajaknya nggak. Seluruh dunia juga sedang bergulat bagaimana sikapi digital ekonomi ini," kata Sri Mulyani.

Katanya, dia diceritai para pegiat startup, kalau pelapak ekonomi digital dipajaki di marketplace mereka akan beralih ke media sosial (medsos).

"Tadi mentor-mentor startup ini bilang. Kalau mereka dipajaki, mereka akan lari ke medsos, Bu. Kalau ibu kejar Tokopedia, Bukalapak, nanti larinya ke sana (medsos)," kisah Sri Mulyani.

Namun, dia menegaskan akan tetap mencari cara untuk mengejar pajak pelapak digital, meskipun pindah ke medsos. Menurutnya, soal pajak itu terkait asas keadilan, bukan karena dia suka memajaki pelaku usaha.

"Ya saya kejar juga ke sana! Itu asas keadilan soal pajak, bukan karena saya suka ngejar pajak," tegas Sri Mulyani.

Sebelumnya, Sri Mulyani pernah merilis aturan pajak untuk e-commerce, namun aturan tersebut ditarik kembali. Dia menjelaskan alasan menarik kembali aturan tersebut, karena para pedagang di marketplace banyak yang penghasilannya di bawah batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

"Kami sudah diskusi dengan banyak pelaku, bahwa yang disampaikan oleh idEA banyak para ibu rumah tangga, mahasiswa, murid-murid, bahkan anak SMP yang ingin berbisnis melalui platform. Mereka tidak perlu dihalangi dengan penyerahan NPWP maupun NIK," terangnya di Gedung DPR.

Related

News 2125274840778365774

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item