Tata Cara dan Syarat Mendaftar di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Tata Cara dan Syarat Mendaftar di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Naviri Magazine - STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) adalah perguruan tinggi kedinasan yang sangat terkenal di Indonesia. Sekolah kedinasan ini menjadi salah satu tujuan favorit para lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan mereka.

STAN menjadi sekolah unggulan bagi mahasiswa dengan kemampuan akademik tinggi di bidang keuangan dan perpajakan. Jaminan kerja setelah lulus merupakan keunggulan STAN yang mampu menarik ribuan pelamar setiap tahun.

Lantas, bagaimana syarat masuk STAN?

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas (PTIN), yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. STAN berdiri sejak 1977, namun sejak 2015 berubah nama menjadi Politeknik Keuangan Negara  STAN.

Tidak semua orang dapat menjadi mahasiswa di STAN. Syarat masuk STAN terkenal berat, dan ujian masuknya juga sangat ketat. Ada beberapa syarat masuk STAN yang harus Anda penuhi, di antaranya adalah:

Persyaratan Umum

1. Peserta merupakan lulusan SMA/SMK/sederajat.

2. Peserta merupakan lulusan tahun ini atau tahun kemarin. Peserta harus memiliki ijazah (bagi lulusan tahun kemarin). Bagi lulusan tahun ini yang ijazahnya belum terbit, dapat menggunakan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional Sementara (SKHUN). Dokumen ijazah atau SKHUN dibuktikan dengan salinan berlegalisir dari sekolah.

3. Usia minimal adalah 17 tahun, dan maksimal tidak boleh lebih dari 20 tahun (sesuai tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah).

4. Memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan, sesuai dengan yang terlampir di situs resmi STAN.ac.id.

5. Belum menikah, dan bersedia untuk tidak menikah selama proses pendidikan berlangsung.

6. Memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik, serta terhindar dari narkoba dan sejenisnya, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah/puskesmas.

7. Peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran USM STAN sebesar Rp 250.000. Biaya ini tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Persyaratan Khusus

1. Nilai

Nilai rata-rata ujian nasional yang tertera pada ijazah atau Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara (SKHUN) minimal 70,00 (bukan hasil pembulatan desimal), dengan skala 100.

Nilai Ujian Nasional menjadi standar penyaringan pertama untuk dapat masuk ke STAN. Dengan standar nilai ini, pihak STAN memastikan bahwa calon mahasiswa memiliki kemampuan akademik yang bagus.

2. Jurusan

Untuk Jurusan D1 dan D3 Bea dan Cukai, terdapat aturan tambahan yang wajib dipenuhi oleh pelamar, yaitu:

a. Untuk jurusan D1 Bea dan Cukai dapat diikuti pelamar laki-laki dan perempuan.

b. Sedangkan untuk jurusan D3 Bea dan Cukai dikhususkan bagi pelamar laki-laki.

c. Kedua jurusan ini juga mencantumkan tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan.

d. Peserta dinyatakan tidak buta warna.

e. Bagi peserta yang memakai kacamata atau lensa kontak (minus, plus, atau silindris) dikenakan batas toleransi maksimal sampai 2D (dua dioptri).

Alur Pendaftaran USM STAN

Pendafataran Ujian Saringan Masuk STAN saat ini dilakukan secara online. Sebelum melakukan pendaftaran online via website resmi USM STAN, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan.

Dokumen-dokumen tersebut di-upload pada situs pendaftaran USM STAN. Syarat yang harus Anda siapkan untuk mendaftar Ujian Saringan Masuk (USM) STAN di antaranya adalah:

1. Lulus SMA/SMK/sederajat.
2. Melampirkan pasfoto 3×6 terbaru.
3. Melampirkan nilai raport dari semster I-V, dan mencantumkan nilai akhir yang tertulis pada ijazah.
4. Mengisi formulir pendaftaran secara online.

Alur yang harus Anda ikuti untuk mendaftar USM STAN secara online yaitu:

1. Anda harus mengisi data pribadi melalui portal panseldikdin.menpan.go.id.

2. Untuk melakukan pendaftaran, Anda dapat klik ikon pendaftaran yang tertera di layar.

3. Kemudian isikan No. Identitas keluarga (NIK) yang sesuai dengan Kartu Keluarga. Isikan kode capcha yang terdapat di layar dengan tepat, kemudian klik ikon submit.

4. Setelah berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman pengisian identitas diri. Anda akan diminta mengisi identitas dan alamat email yang masih aktif. Selain itu, Anda juga harus menyertakan kata kunci dan membuat password. Setelah semua isian lengkap, kemudian klik submit.

5. Jika tahap 1-4 telah berhasil Anda lakukan, akan muncul keterangan “registrasi berhasil/pendaftaran berhasil”. Komputer Anda akan otomatis mengunduh dokumen bukti pendaftaran USM STAN. Anda harus menyimpan bukti itu untuk melanjutkan tahap ujian berikutnya.

6. Bukti pendaftaran online tersebut harus Anda bawa ketika mengikuti Ujian Seleksi Masuk STAN. Selain bukti pendaftaran, biasanya Anda juga harus membawa identitas diri berupa KTP ataupun SIM.

7. Jika terdapat masalah saat pendaftaran online USM STAN, Anda disarankan untuk segera mengunjungi situs resmi usm.stan.ac.id. Dalam situs resmi ini ada berbagai penjelasan mengenai syarat dan tata cara pendaftara online USM STAN.

8. Semua data yang Anda kirimkan saat mendaftar USM STAN secara online harus merupakan data asli dan bukan hasil rekayasa.

9. Jika suatu saat Anda terbukti memalsukan data, maka pihak STAN berhak mengambil tindakan tegas.

10. Panitia pelaksana juga berhak memberhentikan calon mahasiswa, jika terbukti memakai obat-obatan terlarang (narkotika).

Itulah informasi mengenai syarat masuk STAN dan tata caranya. Sebaiknya, lakukan persiapan matang jauh-jauh hari, untuk mengikuti USM STAN, karena Anda akan berkompetisi dengan ribuan calon mahasiswa lain di seluruh Indonesia.

Related

Tips 4202911086480481110

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item