Tips Menyusun Resolusi Keuangan di 2020, Menurut Perencana Keuangan

Tips Menyusun Resolusi Keuangan di 2020, Menurut Perencana Keuangan

Naviri Magazine - Biasanya, memasuki tahun baru ada harapan atau keinginan yang diiimpikan. Menurut Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini Sutikno, impian-impian itu pada umumnya membutuhkan uang.

Nah, bagaimana cara mewujudkan keinginan kita yang membutuhkan dana di 2020? Simak tipsnya berikut ini.

Langkah pertama, persiapkan mental dan sikap hidup realistis. Menurut Rini, impian harus diiringi dengan kemampuan keuangan yang sebenarnya.

"Kayaknya kalau mengikuti berbagai keinginan, pertama harus realistis dulu, ya. Kita memang ingin mencapai berbagai harapan di masa depan, atau tahun 2020. Apa yang kita harapkan itu umumnya membutuhkan keuangan. Namun, sumber keuangan kita kan ada batasnya," kata Rini.

Kedua, siapkan daftar keinginan yang sangat ingin dicapai, baik di tahun 2020, maupun tahun-tahun berikutnya.

"Misalnya kalau lagi browsing shopping online, masukkan saja ke daftar wishlist-nya, atau ke keranjang dulu. Kan belum dibeli, ya. Jadi boleh kita create itu dulu, supaya kita tahu apa saja yang kita inginkan, kita harapkan," jelas Rini.

Langkah ketiga, buat time frame dari wishtlist yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dari time frame itu, dapat dipisahkan mana keinginan yang mau dicapai di tahun 2020, dan mana yang ingin dicapai di tahun-tahun berikutnya.

Kemudian, seleksi time frame tersebut dengan memisahkan mana keinginan, dan mana kebutuhan.

"Pokoknya kalau kebutuhan itu harus ada, nggak mungkin enggak. Sementara kalau keinginan itu sebenarnya Anda tetap bisa melanjutkan hidup Anda tanpa itu. It's not necessary, bukan necessities (kebutuhan) lah ya, tetapi nice to have," imbuh Rini.

Dengan penyeleksian tersebut, kita dapat mengetahui kebutuhan yang harus diutamakan, baik jangka pendek, maupun jangka panjang.

"Berarti kan sekarang sudah ada wishlist, sudah ada time frame, nah sekarang diseleksi. Yang harus ada itu adalah priority. Yang tidak priority, itu nanti bakalan dikurangi. Tapi sebelum dikurangi, marilah kita jumlahkan terlebih dahulu. Yang time frame-nya di atas 2020 Anda jumlahkan. Berapa sih uang yang dibutuhkan untuk mewujudkan impian Anda tadi? Wah uangnya belum ada, ya sudah menyicil saja, menabung saja dulu," papar dia.

Related

Tips 1404315693175350389

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item