Meski Mungkin Aneh, Ternyata Ada Tumbuhan Berwarna Hitam

Meski Mungkin Aneh, Ternyata Ada Tumbuhan Berwarna Hitam

Naviri Magazine - Mungkinkah ada tumbuhan berwarna hitam? Jawabannya ya. Di planet kemerahan dimungkinkan saja keberadaan vegetasi berwarna keabu-abuan atau hitam—warna yang jarang kita temui pada vegetasi tanaman di Bumi.

Di Bumi, kebanyakan tanaman berwarna hijau demi beradaptasi dengan cahaya Matahari yang kuning keemasan, yang diterima permukaan planet.

Namun, berdasarkan penelitian O’Malley-James, planet-planet yang bersistem dua bintang dengan warna berbeda dari Matahari memiliki tanaman berwarna abu-abu bahkan hitam. Warna tanaman itu bertujuan agar dapat menyerap lebih banyak energi, dan memperkuat proses fotosintesis.

Penelitian itu pun membuka wawasan banyaknya kombinasi serta variasi pada bintang dan potensi keberlangsungan kehidupan di planet-planet yang mengorbitnya.

Tidak hanya unsur warna yang berpengaruh. O’Malley-James menyatakan, “Untuk planet yang mengorbit dua bintang atau lebih, radiasi berbahaya dari cahaya yang intens dapat membuat tanaman menciptakan semacam tabir suryanya sendiri, untuk memblok sinar ultraviolet.”

Related

Science 2437954106434989170

Recent

item