Wei Zhongxian dan Kisah Intrik di Zaman Tiongkok Kuno

Wei Zhongxian dan Kisah Intrik di Zaman Tiongkok Kuno

Naviri Magazine - Kebiri adalah hal yang umum dilakukan kepada laki-laki di China selama ribuan tahun, sampai akhir Dinasti Ching pada 1911. Mereka yang dikebiri biasanya berasal dari keluarga yang sangat miskin, dan sudah dikebiri sejak anak-anak, sehingga mereka dapat bekerja di istana Kaisar dengan aman.

Kasim kekaisaran sering memegang kekuasaan luar biasa, karena mereka menjalankan birokrasi pemerintah, dan merupakan satu-satunya pria yang diizinkan masuk ke dalam tembok istana kekaisaran.

Lain halnya dengan kisah Wei Zongxian (1568 - 1627), yang tidak berniat menjadi kasim. Ia dilahirkan miskin, tumbuh dalam keadaan normal bersama anak-anak di desanya, menikah muda, menjadi seorang ayah, dan punya satu putri.

Sayangnya, Wei adalah penjudi berat. Ia berkali-kali terlilit utang akibat uangnya habis untuk judi. Oleh sebab itu, banyak rentenir yang terus-menerus mendatanginya dan keluarganya untuk menagih uang pinjaman. Bahkan terkadang, mereka diancam.

Wei kemudian memutuskan untuk mengebiri dirinya sendiri pada usia 21 tahun, sehingga dia dapat bekerja untuk kekaisaran. Utang pun lunas.

Selama tiga puluh tahun, Wei cukup pintar meredam seluruh egonya, dan membuat koneksi yang sangat baik di dalam istana. Langkah terbaik yang ia buat adalah berteman akrab dengan pengasuh calon penerus Kaisar Tianqi, Nyonya Ke.

Ketika Tianqi muda naik takhta pada umur 15 tahun, Wei mulai mengalihkan perhatian bocah itu dengan segala macam kegiatan yang menyenangkan, sementara Wei mengonsolidasikan basis kekuatannya untuk menjadi penguasa de facto.

Wei juga menjabat sebagai direktur polisi rahasia di istana, sehingga siapa pun yang menentangnya akan 'dibereskan'. Tempat-tempat suci yang didedikasikan untuk Wei pun didirikan di seluruh Tiongkok.

Namun, keadaaan Wei berubah sangat cepat, ketika kaisar meninggal mendadak pada usia 23 tahun. Wei akhirnya memilih untuk mengakhiri hidup dengan bunuh diri.

Related

History 945144954841559954

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item