Hati-hati, Perbuatan Zalim Pada Sesama Pasti Akan Mendapat Balasan

Hati-hati, Perbuatan Zalim Pada Sesama Pasti Akan Mendapat Balasan

Naviri Magazine - Sebagai makhluk sosial, manusia selalu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Dalam berinteraksi, tak jarang terjadi gesekan satu sama lain, sehingga menimbulkan kerugian pada salah satu pihak, baik kerugian yang mengancam jiwa, harta, maupun kehormatan.

Sering terjadi di masyarakat, seseorang diperlakukan secara zalim oleh lainnya, tanpa ia mampu membalas dan membela diri sendiri. Kondisi ini kerap membuat ia semakin tak berdaya, dan hanya bisa pasrah dengan keadaan.

Seorang muslim dan mukmin yang mengalami hal demikian, semestinya tak perlu merasa sedemikian susah, karena Allah subhânahu wa ta’âla telah menjanjikan keadilan atas setiap perilaku zalim yang dilakukan para hamba-Nya. Keimanan yang dimiliki semestinya mampu menguatkan hati untuk tetap tegar, dengan harapan keadilan yang dijanjikan.

Sebaliknya, seorang muslim dan mukmin semestinya tidak berlaku zalim kepada sesama makhluk Allah, baik berupa tindakan ataupun ucapan, karena sekecil apa pun tindak kezaliman pasti akan terbalaskan.

Di dalam Al-Qur’an Surat Ibrahim ayat 42 secara tegas Allah menyatakan:

“Dan janganlah sekali-kali engkau menyangka Allah lalai dari apa yang dilakukan orang-orang yang berbuat zalim. Sesungguhnya Allah menangguhkan mereka sampai hari di mana pandangan-pandangan terbelalak.”

Dari ayat tersebut, jelas dinyatakan bahwa Allah akan memberikan balasan kepada setiap pelaku kezaliman, kelak di hari kiamat, di mana setap mata manusia akan terbelalak menyaksikan berbagai hal yang terjadi di hari kiamat.

Syekh Nawawi, dalam kitab tafsir Marâh Labîd, menjelaskan bahwa apabila Allah tidak membalaskan bagi orang yang dizalimi atas kezaliman yang dilakukan oleh seorang hamba-Nya yang menzalimi, maka ada salah satu kemungkinan yang terjadi pada dzat Allah, namun hal itu mustahil terjadi pada-Nya. Ketiga kemunginan itu adalah:

Pertama, bisa jadi Allah lalai dan lupa pada orang yang bertindak zalim tersebut. Jelas hal ini tidak mungkin terjadi pada dzat Allah. Tak mungkin Allah memiliki sifat lalai atau lupa pada apa dan siapa pun.

Kedua, bisa jadi Allah lemah, tak mampu untuk melakukan pembalasan. Hal ini juga jelas mustahil terjadi pada dzat Allah. Tak mungkin Allah tidak mampu melakukan pembalasan kepada hamba-Nya sendiri.

Ketiga, Allah ridlo dengan tindak kezaliman yang dilakukan sang hamba. Ini juga tidak mungkin, mengingat Allah mengharamkan para hamba-Nya melakukan tindak kezaliman di antara sesama hamba.

Bahkan, dalam berbagai ayat, Allah juga menyatakan tidak akan berbuat zalim kepada para hamba-Nya. Karenanya tidak mungkin bila Allah ridlo terhadap suatu kezaliman sehingga tak melakukan pembalasan.

Ketiga kemungkinan tersebut semuanya hal yang tak mungkin terjadi pada dzat Allah. Karena ketiga hal itu mustahil bagi Allah, maka bisa dipastikan setiap tindak kezaliman yang dilakukan oleh seorang hamba kelak akan dibalas oleh Allah.

Hanya saja, balasan tersebut tidak segera dilakukan di dunia. Allah menangguhkannya sampai kelak datangnya hari kiamat, di mana setiap mata akan terbelalak menyaksikan kedahsyatan yang terjadi di sana.

Imam Al-Husain bin Mas’ud Al-Baghawi, dalam kitab tafsir Ma’âlimut Tanzîl, menuturkan bahwa ayat di atas merupakan pelipur bagi orang-orang yang dizalimi, dan juga ancaman bagi siapa saja yang berbuat zalim.

Mereka yang menerima perlakuan yang tidak semestinya, tak perlu risau karena pada hari kiamat kelak Allah akan memberikan pahala berlipat baginya, dan membalas pelakunya dengan balasan setimpal. Sementara setiap orang yang berlaku zalim mesti segera meminta maaf kepada yang dizaliminya, karena balasan dari Allah pasti adanya.

Di era digital sekarang, ayat ini juga menjadi alarm bagi kita untuk berhati-hati dalam berinteraksi melalui dunia maya. Menggunakan media sosial secara baik, benar dan cerdas adalah pilihan yang menjadkan kita terhindar dari ancaman ayat tersebut.

Sebaliknya, postingan yang menebar kebohongan dan kebencian, yang menjadikan pihak tertentu merasa dirugikan dan terancam, baik jiwa, harta maupun kehormatannya, adalah perilaku zalim yang menjadikan pelakunya sulit menghindar dari balasan Allah, yang dinyatakan pada ayat tersebut. Wallîahu a’lam.

Related

Moslem World 526014746947385825

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item