Akhir Kisah, “Raja dan Ratu Sang Penguasa Dunia” di Purworejo Ditangkap Polisi

 Akhir Kisah, “Raja dan Ratu Sang Penguasa Dunia” di Purworejo Ditangkap Polisi

Naviri Magazine - Polisi menangkap Toto Santoso (42) dan Fanni Aminadia (41), suami istri yang mengaku sebagai raja dan ratu Keraton Agung Sejagat di Purworejo. Keduanya disangkakan pasal tentang penipuan.

"(Dikenakan) pasal 378 KUHP tentang Penipuan," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Iskandar Fitriana Sutisna, Selasa (14/1/2020).

Keduanya ditangkap polisi pada pukul 18.00 WIB. Polisi turun tangan, menyusul informasi yang viral di media sosial tentang berdirinya Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. Keberadaan keraton itu memicu keresahan di kalangan masyarakat.

Selain menangkap sepasang 'raja dan ratu', polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya KTP pelaku dan dokumen-dokumen palsu.

"(Polisi memeriksa) 10 orang saksi warga Desa Pogung, Purworejo, yang merasa resah karena kegiatan pelaku," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, kemunculan Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah, awalnya ramai di media sosial. Kelompok ini memiliki 'istana' yang terletak di Desa Pogung Jurutengah, RT 03/RW 01, Kecamatan Bayan.

Pemkab Purworejo langsung bersikap dengan menggelar rakor pembahasan Keraton Agung Sejagat. Hasilnya, Pemkab akan menutup Keraton Agung Sejagat.

Adapun barang bukti dan alat bukti itu adalah KTP pelaku, serta sejumlah dokumen. "Dokumen palsu kartu-kartu yang dicetak oleh pelaku untuk perekrutan anggota Keraton Agung Sejagat," kata Argo Yuwono dalam keterangannya, Selasa (14/1/2020) malam.

Kedua orang tersebut, kata Argo, ditangkap polisi pada pukul 18.00 WIB. Sebelumnya, terhadap keduanya telah diambil keterangan oleh polisi.

Terpisah, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iskandar Fitriana Sutisna, mengatakan bahwa kartu-kartu itu dibuat sendiri oleh pelaku sebagai alat untuk merekrut anggota Keraton Agung Sejagat.

"Dokumen palsu kartu-kartu yang dicetak oleh pelaku untuk perekrutan anggota Keraton Agung Sejagat," jelas Iskandar.

Related

News 7910935754974503713

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item