Banyak Orang Indonesia Tidak Menyiapkan Dana Pensiun, Ini Penyebabnya

Banyak Orang Indonesia Tidak Menyiapkan Dana Pensiun, Ini Penyebabnya

Naviri Magazine - Apakah kamu sudah menyiapkan dana pensiun? Jika belum, kamu tidak sendirian sebab masih banyak orang lain yang mungkin belum menyiapkan dana pensiunnya.

Hasil survei 'HSBC Future of Retirement Bridging The Gap' menyebutkan, hanya 30 persen orang Indonesia yang sadar dan tergerak untuk mempersiapkan dana pensiun. Sementara 70 persen sisanya, belum mempersiapkan dana pensiun. Survei itu dilakukan pada 1.050 orang di berbagai wilayah Indonesia, pada awal 2019. 

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara, menyampaikan salah satu alasan mayoritas pekerja di Indonesia tidak menyisihkan uang untuk dana pensiun karena tingkat literasi yang rendah.

Sebagai gambaran, berdasarkan catatan OJK, jumlah peserta program dana pensiun baru mencapai 4,63 juta orang hingga akhir 2018. Besaran angka itu merupakan peserta program dana pensiun pemberi kerja (DPPK), dan dana pensiun lembaga keuangan (DPLK).

Padahal, laporan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2019 menyebut jumlah penduduk yang bekerja di Indonesia mencapai 129,36 juta jiwa, baik di sektor formal maupun informal. Jumlah itu bertambah 2,29 juta jiwa dibanding Februari 2018. 

Masih rendahnya jumlah orang yang mempersiapkan dana pensiun, tak lain karena masih minimnya literasi keuangan, khususnya pemahaman soal dana pensiun. "Makanya, penting untuk generasi milenial memperhatikan tujuan jangka panjang," kata Tirta. 

Related

Money 3896777554561761096

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item