Ternyata, Berolahraga 20 Menit Sudah Bisa Mengubah Struktur DNA

Ternyata, Berolahraga 20 Menit Sudah Bisa Mengubah Struktur DNA

Naviri Magazine - Bagi sebagian orang, yang dirasakan usai berolahraga hanya rasa lelah dan mungkin agak lapar, karena sebagian kalori di tubuh terbakar. Padahal tidak sesederhana itu, olahraga selama 20 menit sudah cukup untuk mengubah struktur DNA.

DNA atau Deoxyribo Nucleic Acid merupakan salah satu komponen di dalam sel tubuh yang berisi informasi genetik. Fungsinya adalah mengatur fungsi seluruh gen yang ada di dalam tubuh manusia, termasuk untuk mengaktifkan dan memacu kerjanya.

Beberapa gen yang kerjanya dipengaruhi oleh struktur DNA antara lain gen-gen yang berhubungan dengan sistem metabolisme. Perbedaan gen pada sistem metabolisme membuat sebagian orang susah gemuk, sementara yang lain justru tidak pernah bisa kurus.

Menurut penelitian para ahli dari Karolinska Institute di Stockholm, aktivitas fisik yang dilakukan saat olahraga bisa memicu perubahan DNA dalam gen-gen di sistem metabolisme. Tidak butuh berbulan-bulan untuk mengubahnya, cukup 20 menit berolahraga, maka strukturnya sudah berbeda.

Perubahan struktur DNA yang terjadi usai berolahraga itu berdampak pada sistem metabolisme energi. Proses pembakaran energi jadi lebih efisien, sehingga jumlah kalori yang terbakar bisa lebih besar, meski tubuh tidak cepat merasakan lelah.

"Kita sering mengatakan, kita adalah apa yang kita makan. Baiklah, otot kita juga beradaptasi dengan apa yang kita lakukan. Jika tidak digunakan, otot akan kehilangan mekanisme tertentu yang dimilikinya," kata Prof Juleen Zierath, yang memimpin penelitian itu, seperti dikutip dari Dailymail.

Namun menurut Prof Zierath, perubahan struktur DNA secepat itu tidak akan terjadi hanya dengan olahraga ringan saja. Olahraga yang bisa mengubah DNA dalam 20 menit harus cukup berat, untuk membuat napas seseorang tersengal-sengal, hingga susah diajak bicara.

Related

Sports 5471422610016850598

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item