Cara Mengatasi Kulkas yang Bermasalah Akibat Terendam Banjir

Cara Mengatasi Kulkas yang Bermasalah Akibat Terendam Banjir

Naviri Magazine - Akhir-akhir ini hujan besar sedang melanda. Masalah yang datang setelah hujan besar adalah banjir. Barang-barang seperti kulkas bisa saja terendam saat banjir datang. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada kulkas, kalau tidak dirawat dengan baik dan benar.

Kalau sudah begitu, tandanya kulkas sudah tidak bisa dipakai lagi dan harus membeli yang baru. Tidak mau kan, kalau sampai hal itu terjadi? Berikut ini ada cara mengatasi kulkas yang terkena banjir.

Jangan panik dulu saat kulkas terkena banjir. Ada langkah mudah yang bisa kita lakukan untuk menghindari kulkas rusak.

Pertama, kulkas sebaiknya dimatikan terlebih dulu, dengan mencabut saluran listrik. Setelah itu, keluarkan seluruh rak kulkas untuk dibersihkan. Lanjutkan dengan membersihkan kulkas menggunakan lap dan air hangat.

Penggunaan air hangat bertujuan untuk membersihkan sisi kotoran atau endapan pada kulkas dengan lebih mudah. Setelah bersih, tuangkan air hangat ke dalam wadah pengumpul. Sambil perhatikan apakah air tersebut mengalir atau tidak pada saluran pipa pembuangan, yang terletak di bagian belakang.

Jika air hangat belum bisa membersihkan dengan benar, kita bisa menggantinya dengan menggunakan air yang lebih panas.

Namun, jika air hangat dan panas belum bisa membersihkan kotoran yang menempel pada kulkas, kita bisa menggunakan bantuan kawat kecil yang lunak, dengan panjang kurang lebih satu setengah meter.

Jangan gunakan kawat yang keras atau kaku, gunakan saja kawat rem atau kawat persneling sepeda atau sepeda motor. Kawat yang kaku, selain lebih sulit dalam penggunaannya, juga akan bisa merusak kulkas.

Kawat tersebut kemudian dimasukkan ke dalam saluran pipa pembuangan, dengan cara disodok perlahan. Selama menyodoknya, gunakan bergantian dengan air panas. Lakukan terus menerus hingga seluruh kotoran dan endapan di dalam pipa terbuang.

Selain itu, bersihkan dan keringkan juga kompresor dengan cara dijemur, atau menggunakan alat pengering rambut. Pastikan seluruh bagian kulkas benar-benar kering.

Jangan sekali-kali menyalakan kulkas dengan bagian yang masih basah, karena akan memicu konsleting listrik.

Demikian cara merawat kulkas yang terkena banjir.

Selalu waspada terhadap bencana alam yang kemungkinan besar bisa melanda. Dengan begini, kita bisa menghindari kerusakan pada alat dapur.

Related

Tips 1804303648107121088

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item