Dustbot, Robot Pintar Pemungut Sampah di Masa Depan

 Dustbot, Robot Pintar Pemungut Sampah di Masa Depan

Naviri Magazine - Membuang sampah merupakan kegiatan yang memberatkan bagi sebagian orang. Kini telah hadir Dustbot, robot pintar yang akan berkunjung dari rumah ke rumah, untuk mengangkut sampah yang akan dibuang.

Caranya adalah dengan melakukan panggilan melalui telepon genggam. Dustbot menggunakan GPS dan sensor gerak, untuk mengetahui lokasi pengirim panggilan. Setelah tiba, pengguna jasa akan memilih tipe sampah yang akan dibuang. Kemudian Dustbot akan membawa sampah tersebut, atau mendaur ulang ke tempat yang telah ditentukan.

Peneliti dari Scuola Superiore Sant'Anna CRIM Lab di Pisa, Italia, mengembangkan Dustbot sebagai solusi untuk mengatasi ketidaknyamanan dalam membuang sampah, yang dikarenakan keterlambatan truk pembuang sampah untuk tiba dilokasi.

Kelebihan terbesar Dustbot adalah ukurannya. Dustbot dapat menyusuri jalan sempit dan gang, dimana truk pengangkut sampah tidak dapat melaluinya.

Spesifikasi Dustbot, dengan tinggi 1,5 meter, berat 70 kilogram, dapat membawa sekitar 30 kilogram sampah, dan dilengkapi baterai yang dapat bertahan untuk 16 kilometer perjalanan.

Related

Technology 447200127385898864

Recent

item