Ini 5 Cara agar Motor Matik Tidak Mogok Saat Menerjang Banjir

   Ini 5 Cara agar Motor Matik Tidak Mogok Saat Menerjang Banjir

Naviri Magazine - Musim penghujan membuat beberapa jalanan digenangi banjir. Situasi ini tentunya sangat mengganggu Anda dalam beraktivitas, karena motor bisa saja mogok saat mencoba menerabas banjir.

Memang, berkendara di jalan yang penuh dengan genangan air pasti tidak mudah, terutama untuk motor matik. Namun sebenarnya ada cara melewati banjir dengan motor matik agar tidak mogok di tengah genangan air, seperti dilansir Federal Oil. Berikut panduannya.

Jalan perlahan

Apabila saat mengendarai motor matik dan terpaksa harus menerobos banjir, maka sebaiknya berjalan perlahan. Jika berjalan ngebut di tengah genangan air, maka dikhawatirkan ada lubang, batu, atau selokan, yang tidak terlihat.

Alhasil, nantinya malah membuat Anda terjatuh. Berjalan perlahan juga dapat mencegah agar air tidak masuk di komponen kelistrikan, yang menyebabkan motor matik mogok.

Matikan mesin

Menerjang banjir yang melebihi tinggi mesin pada motor matik sangat berisiko membuat motor mogok dan merusak mesin, karena air dapat masuk ke mesin. Dengan mematikan mesin saat menerjang genangan air, dapat memperkecil risiko tersebut.

Menutup komponen

Jika motor matik terpaksa menerjang genangan air, akan lebih aman dengan menutup komponen-komponen menggunakan plastik untuk mencegah kemasukan air.

Kabel busi dapat diikat dengan plastik, atau jika ingin lebih aman busi dilepas. Knalpot dan saringan udara ditutup rapat dengan plastik. Perhatikan juga tutup oli yang harus benar-benar tertutup rapat.

Menjaga filter udara

Filter udara atau lubang penyedot udara harus dijaga agar tidak kemasukan air. Saat mesin menyala, filter udara akan terus menyedot air dari luar.

Sebenarnya, filter udara pada motor matik sudah dibuat lebih tinggi, dan komponen ini sulit dimasuki air. Namun apabila komponen filter udara telah kemasukan air, maka air harus segera dikeluarkan. Cara membuang airnya dengan membuka lubang pembuangan pada bagian bawah boks CVT dan boks filter.

Tunggu air surut

Cara yang paling aman untuk motor matik saat harus berjalan menerjang genangan air adalah menunggu hingga genangan air tidak terlalu tinggi.

Memang mungkin membutuhkan waktu yang lama, namun cara ini dapat mencegah kerusakan pada mesin dan komponen motor matik. Atau cara lain, yaitu mencari jalan yang tidak tergenang air.

Related

Tips 6365644673381613271

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item