Ini Biaya SPP Sekolah Anak-anak Artis dan Selebritis, Mungkin Bikin Kita Bengong

 Ini Biaya SPP Sekolah Anak-anak Artis dan Selebritis, Mungkin Bikin Kita Bengong

Naviri Magazine - Cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes, diketahui merupakan siswa sekolah musik Yamaha Kurnia di kota Solo. Sekolah musik ini diketahui sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk anak seusia Ethes, Yamaha Kurnia menyediakan kelas Music Wonderland dan Music Fantasy. Kedua kelas ini memang didesain untuk anak-anak balita, sehingga wajib didampingi orang tua dalam setiap kelasnya.

Untuk biaya pendaftaran, orang tua harus merogoh kocek Rp400 ribu rupiah. Sedangkan, untuk biaya kursus per bulan adalah Rp390 ribu rupiah, dengan pertemuan sebanyak satu kali seminggu, durasi 50 menit.

Harga di atas juga di luar biaya buku seharga Rp490 ribu rupiah per semester.

Jika biaya sekolah musik Jan Ethes masih terjangkau, bandingkan dengan sekolah anak selebriti berikut ini.

SPP anak Raffi Ahmad, Rafathar

Di tahun ajaran baru ini, buah hati Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rafathar, telah naik tingkat. Tak tanggung-tanggung, Raffi memasukkan Rafathar ke sekolah yang bagus.

Rafathar diketahui bersekolah di sekolah Cikal milik Najeela Shihab, kakak kandung Najwa Shihab. Sekolah Cikal memiliki kurikulum yang berbeda, jika dibandingkan sekolah reguler. Pembentukan karakter dan pengembangan kemampuan pribadi siswa menjadi prioritas di Sekolah Cikal.

Untuk merasakan pendidikan di Sekolah Cikal, kocek yang harus dikeluarkan tak sedikit. TK Cikal dikategorikan menjadi TK termahal di wilayah Jabodetabek. Uang pangkal di TK Cikal sebesar Rp 40,6 juta. Untuk biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), orang tua siswa harus merogoh kocek sebesar Rp 3,8 juta per bulan.

Namun biaya tersebut cukup sepadan dengan fasilitas dan kurikulum sekolah. TK Cikal bahkan telah mendapatkan akreditasi International Baccaulaureatte (IB). Akreditasi tersebut menandakan bahwa TK Cikal bertaraf internasional, dan bisa bersaing di kancah internasional.

Nominal tersebut terbilang cukup murah untuk Raffi Ahmad yang memiliki banyak lini usaha.

SPP anak Ayu Ting Ting, Bilqis Khumairoh

Ayu Ting Ting dikabarkan memasukkan putrinya ke sekolah internasional, dengan harapan ketika lulus SMA nanti Bilqis dapat melanjutkan kuliah di luar negeri. Diketahui, Bilqis sudah mulai masuk sekolah internasional sejak TK. Saat ini, Bilqis bersekolah di TK Kinderfield Depok.

Ayu Ting Ting kerap memperlihatkan kesibukan Bilqis di sekolah. Ternyata, biaya sekolah di sekolah internasional Kinderfield tidak main-main. Uang pangkal untuk mendaftar di Kinderfield mencapai belasan juta. Sementara uang SPP besarnya tergantung kelas anak.

Jika sudah mencapat TK A atau B, yakni usia 4/5 tahun, biaya SPP sekitar 3 juta per 3 bulan. Jika Ayu Ting Ting memilih untuk melanjutkan SD Bilqis di Kinderfield, tentu biayanya tidak murah.

Biaya masuk sekolah SD di Kinderfield berkisar antara 36 juta hingga 38 juta rupiah. Dengan biaya SPP per bulan adalah 2,6 juta rupiah, serta biaya buku plus aktivitas adalah 2,5 juta per semester.

SPP anak Gisella Anastasia, Gempita Nora Marten

Gempita baru saja mengenyam pendidikan di Taman Kanak-kanak atau TK. Gisel rupanya ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk sang putri. Melansir dari ungghannya di Instagram, Gempita tampak mengenakan seragam Sampoerna Academy.

Lembaga pendidikan Sampoerna Academy berada di dua lokasi, yakni L'Avenue, Pancoran, Jakarta Selatan, dan The Icon, BSD City, Tangerang.

Untuk masuk TK Sampoerna Academy, biayanya mencapai 3.000 hingga 4.000 dolar per tahun. Itu berarti dalam setahun Gisel harus merogoh kocek sebanyak Rp 42 juta hingga Rp 56 juta per tahun, untuk membiayai pendidikan Gempita.

SPP anak Nia Ramadhani, Mikhayla Bakrie

Nia Ramadhani diketahui memasukkan sang anak, Mikhayla, di salah satu SD termahal di Jakarta, yakni British School Jakarta. Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi pembawa acara di Ngopi Dara Trans TV.

Kocek yang dikeluarkan Nia Ramadhani per tahun untuk menyekolahkan putri sulungnya tersebut tidak main-main. Namun alangkah heran Nia Ramadhani kala mengetahui cita-cita Mikhayla yang jauh di luar dugaan.

Awalnya, Jessica Iskandar selaku rekannya, mempertanyakan hobi Mikhayla yang bisa saja menjadi cita-citanya nanti. "Anak kamu kan demen banget main video di aplikasi," ujar Jessica Iskandar.

Mendengar hal tersebut, Nia Ramadhani sempat emosi. "Iya, gue sekolahin dia mahal-mahal nih, setahun Rp 500 juta… tapi dia bilang cita-citanya cuma mau buat video di aplikasi itu," kata Nia Ramadhani.

Related

Education 1609330994810481588

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item