Ini Komentar Rhoma Irama dan Iwan Fals Setelah Tampil Dalam Satu Panggung

 Ini Komentar Rhoma Irama dan Iwan Fals Setelah Tampil Dalam Satu Panggung

Naviri Magazine - Semua tentu sepakat jika Rhoma Irama dan Iwan Fals disebut musisi legendaris Tanah Air. Deretan karya kedua musisi ini begitu fenomenal, serta memiliki ciri khas dan penggemar masing-masing.

Rhoma Irama dengan lirik penuh makna yang dibungkus dalam irama dangdut, sementara Iwan Fals dengan lagu-lagu yang kerap menyuarakan kritiknya pada pemerintah. Keduanya juga punya basis massa yang besar.

Pada Minggu (12/1) malam, untuk pertama kalinya dalam puluhan tahun Rhoma dan Iwan berkarier, keduanya dipertemukan dalam satu panggung. Mereka berkolaborasi.

Tampil di JCC Senayan, Jakarta Pusat, keduanya berduet membawakan lagu ciptaan masing-masing. Rhoma Irama membawakan lagu 'Judi', sementara Iwan Fals melantunkan 'Buku Ini Aku Pinjam'.

Ditemui usai turun panggung, baik Rhoma Irama dan Iwan Fals ternyata juga punya perasaan yang sama. Mereka juga antusias karena bisa berbagi panggung.

"Tanpa sepengetahuan Iwan, saya adalah pengagum beliau," kata Rhoma Irama membuka pernyataan, Minggu (12/1) malam.

Menurut 'Raja Dangdut' ini, Iwan Fals adalah seorang seniman sejati. Hatinya memang selalu untuk seni.

"Penampilan beliau apa adanya, ini kelebihan Iwan Fals," ujar ayah kandung Ridho Rhoma ini. "Dia tulus, mulus apa adanya."

Hal itulah, lanjut Rhoma, yang membuat dirinya sangat menghargai seorang Iwan Fals. Tentunya, di samping karya-karyanya yang beragam, mulai dari yang romantis, hingga kritik sosial yang memberikan semangat pada rakyat kecil.

"Jadi, di sini, saya menilai, di situlah saya mengagumi beliau. Beliau adalah seniman sejati yang peduli pada rakyat kecil," tutur Rhoma Irama.

"Last but not least, he’s good looking, dari muda sampai tua tetep cakep, keren dan orangnya humble, rendah hati, insyaallah," kata Rhoma Irama.

Di kesempatan yang sama, Iwan Fals juga menuturkan pendapatnya terkait Rhoma Irama. Aksi saling mengagumi dan lempar puja dan puji jadi tidak terhindarkan.

Menurut Iwan, lagu-lagu Rhoma Irama juga sangat merakyat. Ia masih ingat jelas bagaimana melihat masyarakat dengan begitu lepas menikmati lagu-lagu ayah Ridho Rhoma itu.

"Saya sampai sekarang masih kebayang, di jalanan, saudara kita tukang becak, warung, mereka (dengan) lepas denger lagu Bang Haji, dia joget. Saya selalu denger lagunya, hari ini saya bisa dapat rezeki kolaborasi," tutur Iwan Fals.

Penyanyi dengan nama lengkap Virgiawan Listanto ini mengatakan, dari seorang Rhoma Irama, ia jadi banyak mendapat pelajaran. Bahwa, musik yang dasarnya datang dari hati akan sampai ke hati.

"Musik juga bukan cuma sekadar musik, tapi kalau beliau untuk dakwah, sebagai pencerahan, bukan sekadar hiburan, itu Bang Haji. Mudah-mudahan sehat Bang Haji, berikan inspirasi," tutur Iwan Fals.

Keduanya pun berharap pertemuan mereka di atas panggung bisa menjadi awal persahabatan yang panjang. Tidak hanya di dunia, tapi juga berlanjut sampai akhirat nanti.

"Kita berharap, melalui musik ini, kita bisa beri kontribusi yang positif bagi bangsa, di samping menghibur," kata Rhoma Irama.

Related

Music 8035452774481871978

Recent

item