Mengapa Orang Dewasa Bisa Ngompol Saat Tidur? Ini Penjelasannya

Mengapa Orang Dewasa Bisa Ngompol Saat Tidur? Ini Penjelasannya

Naviri Magazine - Mengompol normalnya dialami oleh bayi atau balita, yang belum dilatih untuk bisa buang air kecil di toilet. Namun dalam beberapa kasus, mengompol juga dialami orang dewasa, terutama saat bermimpi buang air kecil. Kenapa bisa begitu?

Mengompol saat tidur bisa menandakan Anda terlalu banyak minum sebelum tidur. Di satu sisi, tubuh mengisyaratkan apa yang kita butuhkan. Secara psikologis, buang air kecil dalam mimpi disebabkan karena kandung kemih penuh. Lalu alam bawah sadar 'memerintahkan' untuk segera mengosongkannya dengan cara buang air kecil.

Secara medis, mengompol yang dimulai pada usia dewasa (enuresis sekunder) jarang terjadi, dan memerlukan evaluasi medis. Mengompol pada orang dewasa bisa disebabkan karena penyakit-penyakit tertentu, seperti dilansir Mayoclinic, antara lain:

1. Kanker kandung kemih
2. Diabetes
3. Gangguan neurologis
4. Obstructive sleep apnea
5. Kanker prostat
6. Pembesaran prostat
7. Infeksi saluran kemih
8. Batu saluran kemih

Dalam kasus yang jarang, kecemasan akut atau gangguan emosional lainnya juga dapat menjadi penyebab orang dewasa mengompol. Tes dan prosedur yang digunakan untuk menentukan penyebab dewasa mengompol meliputi:

1. Pemeriksaan fisik
2. Tes urine
3. Pemeriksaan urologi dan tes
4. Evaluasi neurologis

Related

Health 2167823322730819192

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item