Mengungkap Misteri di Balik Fenomena Langit Terbelah di Yogyakarta

 Mengungkap Misteri di Balik Fenomena Langit Terbelah di Yogyakarta

Naviri Magazine - Beberapa tahun silam, tepatnya pada tanggal 11 Juni 2010, sekitar pukul 17.30, sebuah fenomena menarik terjadi di langit Yogyakarta. Sebuah cahaya panjang terlihat membentang seperti membelah langit. Apakah ada penjelasan sains dari fenomena itu?

Walaupun terlihat sangat spektakuler, fenomena itu adalah peristiwa yang sudah dikenal di dunia sains, dan bahkan memiliki penjelasan yang cukup sederhana. Fenomena itu disebut Anticrepuscular Rays. Berikut ini penjelasan singkat mengenainya.

Untuk memahami Anticrepuscular Rays, terlebih dulu kita harus memahami soal saudaranya, yang bernama Crepuscular Ray.

Crepuscular Ray adalah suatu fenomena alam ketika cahaya matahari terlihat beradiasi dari satu titik tertentu. Radiasi cahaya ini bisa terjadi, karena cahaya matahari masuk melewati celah-celah di antara awan atau objek lain, dan biasanya terlihat menjelang matahari terbit atau tenggelam.

Fenomena ini juga dikenal dengan sebutan Sun Rays atau Gods Rays.

Seperti Crepuscular ray, Anticrepuscular Ray adalah berkas sinar yang mirip dengan Crepuscular, namun terlihat berada di tempat yang berlawanan dari matahari.

Cahaya ini terjadi ketika Crepuscular Ray, yang muncul dari matahari terbit atau tenggelam, terlihat mengalami Konvergensi ulang di Titik Antisolar (titik langit yang berlawanan dengan arah matahari).

Jika bingung dengan definisi di atas, ingat saja ini: fenomena di atas juga terjadi karena sinar matahari terhalang oleh awan atau objek lainnya, seperti crepuscular ray, namun ia terlihat dari arah yang berlawanan dengan matahari. Sama seperti Crepuscular, fenomena ini juga sering terlihat ketika matahari terbit atau tenggelam.

Related

World's Fact 8523509852739014607

Recent

item