Nasib Netflix di Indonesia, dari Diblokir Sampai Dikejar Pajak (Bagian 2)

Nasib Netflix di Indonesia, dari Diblokir Sampai Dikejar Pajak

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Nasib Netflix di Indonesia, dari Diblokir Sampai Dikejar Pajak - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Pada saat yang sama, Kemenkominfo juga menyinggung polemik antara Netflix dan Telkomsel. Menurut Plate, pihaknya tidak bisa berbuat banyak, terkait langkah Telkom yang memblokir Netflix di Indonesia. Ia juga mengatakan, pemerintah tidak bisa ikut campur karena pemblokiran Netflix oleh Telkom merupakan ranah bisnis dengan bisnis.

"Kalau yang business to business kita serahkan pada business to business, ya. Apa relasinya mungkin ada sifatnya komersial itu, business to business. Tapi dari sisi pemerintah, ikuti aturan," kata Plate di kediamannya.

Plate meminta Telkom menyelesaikan masalah bisnis dengan Netflix, sehingga pemblokiran layanan Netflix dicabut. Ia berharap agar semua selesai. Di sisi pemerintah, Plate berharap Netflix bisa membuat masyarakat Indonesia memdapatkan tayangan yang cocok, sesuai kebutuhan rakyat Indonesia. Salah satunya dengan memperbanyak film Indonesia.

Oleh karenanya, Plate berharap, kerja sama Netflix dengan perfilman nasional harus lebih baik.

Dirangkul Nadiem 

Kendati dijegal di sana-sini, Netflix justru mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Keduanya bekerja sama dalam rangka menumbuhkan perfilman Indonesia. Kemitraan ini berfokus pada pengembangan kemampuan kreatif, yang meliputi penulisan kreatif (creative writing), pelatihan pasca-produksi, serta kompetisi konsep cerita untuk film pendek.

Misalnya mengirim insan film Indonesia untuk mengikuti program ‘Script to Screen’ di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Di program ini, sebanyak 15 orang penulis naskah film terpilih akan diberangkatkan ke Hollywood, untuk selanjutnya dilatih dalam penulisan cerita film. Program ini rencananya akan dimulai pada Maret 2020.

Selanjutnya, Netflix juga akan membawa beberapa ahli dan mitra lain untuk memberikan workshop terkait pengembangan cerita dan penulisan cerita dan penulisan skenario (script writer), sekaligus pelatihan pasca-produksi di Jakarta. Workshop ini mengundang 100 peserta penulis naskah.

Untuk mewujudkan kemitraan ini, Netflix bahkan menggelontorkan investasi sejumlah $1 juta setara Rp14 miliar, melalui beberapa inisiatif. “Kerja sama ini bisa membantu meningkatkan kapasitas dan membuka potensi Indonesia. Ini juga bisa membantu memamerkan budaya Indonesia di tingkat dunia,” sebut Nadiem.

Nadiem bilang, fokus kerja sama yang menitikberatkan pada penulisan naskah, karena penulisan cerita merupakan fundamental yang penting. Sebab, film yang baik diawali dengan penulisan serta kerangka cerita yang baik pula.

“Kami sangat menghargai komitmen Netflix serta komitmen investasi senilai $1 juta untuk program ini, untuk membangun kapasitas di industri kreatif,” imbuh Nadiem.

Di sisi lain, Netflix tentu menyambut dengan baik lampu hijau dari pemerintah Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Kuek Yu-Chuang, Managing Director Netflix Asia Pacific pada peresmian kerja sama dengan Kemendikbud di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

“Kami juga bersemangat dengan investasi sebesar $1 juta yang kami keluarkan untuk proyek kerja sama ini. Peresmian kerja sama hari ini merupakan kesempatan yang besar untuk dapat menampilkan kisah-kisah otentik dari Indonesia, yang akan menarik minat tidak hanya masyarakat Indonesia tapi juga dunia,” ungkap Kuek.

Langkah Nadiem Makarim seolah menjadi anti-klimaks penjegalan demi penjegalan yang dihadapi Netflix dalam meraih pasar Indonesia. Keputusan ini pun mendapat dukungan dari banyak warganet, usai Netflix mengumumkan kerja sama ini.

Related

Business 6567612772080435437

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item