Mengenal Penis Fish, Ikan dengan Wujud Mirip Alat Vital Pria

Mengenal Penis Fish, Ikan dengan Wujud Mirip Alat Vital Pria

Naviri Magazine - Ada ikan unik, yang disebut penis fish atau ikan penis. Nama itu disematkan, karena bentuk ikan-ikan itu memang menyerupai alat vital pria.

Ikan penis atau penis fish pada dasarnya merupakan cacing, dengan nama Urechis caupo. Meski tergolong jenis cacing, hewan ini secara luas disebut penis fish. Keluarga cacing ini (Urechidae) hanya berisi empat spesies di seluruh dunia.

Di Amerika Utara, cacing ini dapat ditemukan di wilayah Oregon Selatan hingga Baja, dengan sebagian besar penampakannya di antara Teluk Bodega dan Monterey, menurut Bay Nature.

Cacing ini hidup di dalam tanah, pantai, atau lumpur. Mereka menggali lubang berbentuk U yang memiliki panjang beberapa meter, tetapi selebar tubuh mereka. Ketika air pasang masuk, penish fish akan menuju ke terowongan itu.

Saat menggali liangnya, cacing ini juga akan mengeluarkan lendir yang bersifat lengket. Lendir itu terkadang terlihat seperti ubur-ubur yang membusuk, terbungkus di sekitar pintu masuk liang, dan terhubung dengan mulutnya.

Usai mengeluarkan lendir, cacing ini akan menggunakan ketiga lapisan ototnya untuk memompa banyak air ke liangnya. Air akan membawa plankton, bakteri, dan makanan lainnya, ke jaring lendir dan menjadi santapan cacing ini.

Namun, cacing ini tidak sekadar memangsa. Ia juga bermanfaat bagi hewan-hewan lain di habitatnya. Cacing lain, udang, bahkan kepiting, bisa ikut masuk ke liang dan ikut makan.

Penis fish juga dikenal dengan nama innkeeper worm, atau penjaga penginapan. Istilah innkeeper worm itu lantaran lubang yang mereka buat juga digunakan sebagai tempat persembunyian.

Related

Science 6538206003389417557

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item