Penyakit yang Bisa Muncul Saat Udara Dingin, dan Cara Mengantisipasinya

Penyakit yang Bisa Muncul Saat Udara Dingin, dan Cara Mengantisipasinya

Naviri Magazine - Saat ini kita merasakan perubahan udara ekstrem di sebagian Pulau Jawa, terutama terjadi pada sore, malam, dan dini hari.

Di Jakarta, kemarin semalam tercatat suhu udara Jakarta sampai mencapai 24 derajat celcius. Bahkan jika kita terus bergerak ke arah barat, Depok dan Bogor, suhu udara bisa mencapai di bawah 20 derajat.

Sejumlah warga di linimasa media sosial melaporkan, udara kota Bandung mencapai 17 derajat celcius, di Purworejo mencapai 22 derajat celsius. Secara rata-rata, penurunan suhu terjadi 20 sampai 30 persen dari hari-hari biasa. Tentu perubahan penurunan suhu udara yang ekstrem ini perlu diantisipasi.

Dr Ari Fahrial Syam, selaku pendidik dan praktisi klinis dari RSCM, mencoba mengidentifikasi dua penyakit yang bisa timbul jika terjadi perubahan suhu udara yang ekstrem, yaitu:

Pertama, penyakit kronis yang sudah ada sebelumnya pada masyarakat akan mengalami kekambuhan, karena udara yang dingin, antara lain asma (sesak napas), pilek, alergi (rinitis alergi), sinusitis, serta alergi kulit, karena udara dingin timbul bentol-bentol dan gatal.

Kedua, penyakit yang timbul langsung akibat udara dingin, seperti kulit jadi kering, kulit telapak kaki jadi pecah-pecah, timbul pecah-pecah pada bibir, dan kadang kala timbul mimisan. Jika paparan udara dingin terus berlangsung, akan terjadi penurunan suhu tubuh (hipotermia), tentu hal ini akan mengganggu masyarakat.

Selain itu, perubahan cuaca yang ekstrem akan berpengaruh pada daya tahan tubuh masyarakat. Mereka mudah terserang penyakit infeksi virus atau bakteri, umumnya berupa infeksi saluran pernapasan atas. Jika tidak diantisipasi dengan baik, infeksi saluran napas atas akan berlanjut menjadi infeksi pada paru.

Ada kelompok masyarakat yang mempunyai risiko tinggi gangguan kesehatan karena cuaca dingin, yaitu para usia lanjut, anak dan balita, masyarakat dengan penyakit kronis, misalnya mempunyai penyakit diabetes, gangguan jantung, dan pembuluh darah, serta para masyarakat yang mempunyai masalah dengan tiroid.

Lalu Bagaimana menyiasati udara dingin?

Ari mengatakan, untuk menyiasati udara dingin kita harus menutupi badan agar udara dingin yang menyengat tidak langsung kontak dengan kulit kita. Gunakan jaket yang dapat menutupi seluruh tubuh, usahakan untuk menggunakan pakaian berlapis, gunakan tutup kepala, kaus kaki tebal, dan sarung tangan, selama berada di luar di saat udara dingin menyengat di luar rumah.

Usahakan selalu untuk menggunakan pakaian yang kering dan bersih. Udara dingin yang menyengat dan langsung kontak dengan kulit akan menyebabkan kulit jadi kering, oleh karena itu harus selalu mengolesi lotion pada kulit tangan dan telapak kaki, agar kulit tidak mengering dan tidak menimbulkan luka.

Bibir dan lubang hidung juga diusahakan untuk selalu diolesi krim. Tentunya krim yang diperuntukkan bibir dan hidung agar bibir tidak kering, dan tidak menimbulkan luka yang pada akhirnya akan mengurangi nafsu makan. Mimisan atau keluar darah dari hidung sering terjadi pada masyarakat yang mengalami kekeringan pada lubang hidungnya.

Minum yang cukup untuk mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan, yang akan memperburuk kesehatan akibat udara dingin tersebut. Saat udara dingin, kita cenderung tidak haus dan menghindari minum.

Selain itu, kita juga harus menghindari minuman yang mengandung kafein secara berlebihan, seperti kopi atau minuman bersoda, karena mengonsumsi minuman tersebut akan memperberat dehidrasi, dan tubuh jadi tidak tahan terhadap dingin.

Jika buang air kecil lebih keruh, hal ini merupakan tanda bahwa kita harus meningkatkan konsumsi air. Makan merupakan hal penting dan harus selalu diperhatikan. Apabila asupan makan kita tidak baik, tentunya secara umum hal ini juga akan mempengaruhi daya tahan tubuh kita.

"Mudah-mudahan informasi ini dapat digunakan untuk antisipasi, dan mengatasi masalah udara ekstrem yang ada saat ini, terutama pada malam hari," kata Ari.

Related

Tips 377017697414257697

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item