Perang Dunia III Bisa Meletus Kapan Saja, dan Akibatnya Sangat Berbahaya

 Perang Dunia III Bisa Meletus Kapan Saja, dan Akibatnya Sangat Berbahaya

Naviri Magazine - Perang Dunia III dapat meletus kapan saja, dan mengakibatkan lebih banyak kematian daripada konflik lainnya dalam sejarah manusia. Itulah peringatan dingin dari seorang akademisi top yang khawatir kita hanya berhasil menghindari konflik bersenjata global melalui 'keberuntungan acak'.

Bear Braumoeller, profesor ilmu politik di The Ohio State University, telah menganalisis data yang berkaitan dengan perang internasional selama 200 tahun terakhir.

Dia mengatakan, keyakinan John Lennon yang diilhami bahwa perang sudah usai telah menidurkan kita ke rasa aman yang salah, dan memperingatkan bahwa rasa puas diri kita tentang masa depan yang damai adalah salah tempat.

"Kami benar-benar tidak mendapatkan informasi seputar seberapa besar ancaman perang. Proses eskalasi yang menyebabkan dua perang dunia pada abad terakhir sebenarnya masih ada. Tidak ada yang berubah," katanya.

Buku baru Braumoeller, berjudul Only the Dead: The Persistence of War in the Modern Age, menantang klaim para sarjana yang mengungkapkan perang sedang menurun. Argumen ini dikemukakan Steven Pinker dalam buku The Better Angels of Our Nature: Why Violence Has Declined pada 2011.

"Saya melihat secara komprehensif semua cara berbeda yang dapat Anda pikirkan tentang apa artinya perang jadi menurun," katanya. "Saya tidak menemukan bukti untuk penurunan jangka panjang pada salah satu dari mereka."

Justru menurutnya, kemungkinan perang kecil menjadi perang yang sangat besar belum berubah. Perhitungannya menunjukkan ada peluang 13 persen perang yang membunuh 1 persen populasi dunia meletus dalam 100 tahun ke depan, selama ada 50 perang kecil di Bumi dalam periode yang sama. Konflik tingkat keparahan ini akan membunuh 77 juta orang.

"Kecenderungan meningkatnya perang adalah hal paling menakutkan, yang saya temukan dalam penelitian ini," tambah dia.

Jumlah konflik di seluruh dunia sudah pasti berkurang sejak Perang Dunia II, dengan ancaman kehancuran yang saling meyakinkan, membekukan Rusia dan AS menjadi Perang Dingin yang tidak pernah meletus, menjadi pertempuran habis-habisan.

Tetapi ini tidak berarti ancaman perang besar telah hilang begitu saja, karena ada masa-masa sebelumnya dalam sejarah ketika perdamaian memerintah untuk waktu yang sangat lama, sebelum dihancurkan oleh konflik berdarah.

"Kami melihat penurunan dalam tingkat inisiasi konflik pada akhir Perang Dingin, tapi itu hanya tentang kabar baik. Selain itu, setidaknya selama 200 tahun terakhir, saya tidak dapat menemukan tren penurunan dalam insiden atau kematian perang. Jika ada, yang terjadi adalah sebaliknya." ujar Braumoeller.

Orang-orang menganggap perang besar, seperti perang dunia, sebagai sesuatu yang luar biasa, sesuatu yang memiliki sebab yang berbeda dari perang lainnya.

Tragedi yang mendalam adalah bahwa perang yang mematikan, dan paling mematikan, jauh lebih biasa daripada yang kita pikirkan. Mereka dihasilkan dari serangkaian keputusan oleh orang-orang yang tidak ingin berhenti berkelahi.

Kondisi tersebut membuatnya jauh lebih berbahaya daripada yang kita sadari. Dalam bukunya, Braumoeller menghitung seberapa mematikan perang berikutnya.

Konflik bersenjata telah menyebabkan lebih dari 1.000 kematian dalam pertempuran. Kemungkinan kira-kira 50 persen dari itu akan sama menghancurkannya dengan Perang Irak 1990, di mana 20.000 hingga 35.000 pejuang tewas.

Ada kemungkinan 2 persen bahwa perang seperti itu bisa berakhir menghancurkan bagi para pejuang seperti Perang Dunia I.

"Ini sangat suram. Tidak hanya perang tidak hilang, tetapi akan sangat mudah terjadinya perang yang jauh lebih besar daripada yang pernah kita saksikan dalam sejarah," kata Braumoeller dilansir dari Metro.

Related

World's Fact 7659414987958937907

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item