Perbandingan Bensin Premium dan Pertamax untuk Performa Motor

  Perbandingan Bensin Premium dan Pertamax untuk Performa Motor

Naviri Magazine - Di SPBU, ada beberapa jenis bahan bakar yang biasa digunakan oleh para pemakai kendaraan, khususnya sepeda motor. Dua yang populer adalah Premium dan Pertamax. Sebagian orang memilih Premium, karena dianggap lebih murah. Sementara sebagian lain memilih Pertamax, karena dianggap lebih baik.

Dalam penggunaan untuk sepeda motor, manakah yang lebih baik antara Premium dan Pertamax? Berikut ini uraiannya.

Ciri fisik:

- Premium berwarna kuning
- Pertamax berwarna biru
- PertamaxPlus berwarna merah

Perbandingan angka oktan dan kompresi:

Pertamax Plus
Oktan = 95
Kompresi = 10:1 – 11:1

Pertamax
Oktan = 92
Kompresi = 9:1 – 10:1

Premium
Oktan = 82
Kompresi = 7:1 – 9:1

Perbedaan Pertamax dengan Premium bagi performa mesin motor:

Motor dengan spesifikasi bahan bakar Pertamax, jika menggunakan Premium, maka performa mesin + umur pakai mesin akan menurun.

Motor dengan spesifikasi bahan bakar Premium, jika menggunakan Pertamax, tidak berpengaruh besar pada performa motor.

Bila kedua jenis bahan bakar tersebut dipakai tidak sesuai dengan spesifikasi bahan bakar yang dibutuhkan mesin, maka performa jadi menurun. Hal itu berpengaruh terhadap emisi gas buang yang dihasilkan, yang tentunya juga berpengaruh terhadap lingkungan.

Penggunaan Pertamax lebih irit, meski beban yang diangkut motor berat. Sebab tidak ada detonasi dan menghasilkan tenaga yang besar. Beda dengan pemakaian Premium. Gas harus dipelintir dulu sehingga lebih boros.

Perbedaan lainnya ada pada bau Pertamax yang lebih tajam, lantaran menggunakan trik aromatic. Tak hanya itu, Pertamax juga lebih cepat menguap dibanding premium. Jika disulut api, Pertamax akan lebih cepat menyambar ketimbang Premium. Tapi jika dalam ruang bakar, Premium justru lebih mudah meledak (autoignition) dibanding Pertamax.

Sebenarnya, penggunaan jenis bahan bakar apa pun harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin, agar didapat hasil yang optimal, efektif, dan efesien.

Related

Automotive 934027556776842037

Recent

item