Inilah Pesawat Tempur Tanpa Awak Paling Canggih dan Mematikan di Dunia

 Inilah Pesawat Tempur Tanpa Awak Paling Canggih dan Mematikan di Dunia

Naviri Magazine - Departemen Pertahanan Inggris memamerkan prototipe Teranis, pesawat tempur tanpa awak terbaru. Nama Taranis diambil dari nama Dewa Petir Celtic. Taranis adalah sebuah konsep yang dirancang sebagai pesawat temput berdaya jelajah jauh. Pesawat seharga sekitar Rp 1,9 triliun per unit ini merupakan desain dan teknologi terbaik Inggris.

Taranis adalah langkah awal pengembangan pesawat tempur tanpa awak yang mampu menyerang jauh, ke dalam jantung pertahanan lawan.

Sebenarnya, pesawat tempur tanpa awak seperti ini sudah pernah digunakan, seperti MQ-1 Predator yang dipersenjatai misil Hellfire. Namun, kelemahan pesawat MQ-1 hanya bisa digunakan ketika wilayah udara sudah dikuasai.

Sementara itu Taranis memiliki kelebihan yang nyaris tak terdeteksi radar, dirancang untuk melaju dalam kecepatan jet, serta mampu menjelajahi jarak yang cukup jauh.

Pesawat ini juga dirancang untuk mengumpulkan data intelijen, melakukan pengawasan dan pengintaian di wilayah musuh, dengan menggunakan sensor yang ada di dalamnya.

Taranis juga dirancang mampu membawa persenjataan, termasuk bom dan misil. Sehingga pesawat ini memiliki daya serang yang sangat mumpuni. Hebatnya lagi, Taranis bisa dikendalikan dari manapun, dengan menggunakan komunikasi satelit.

Sebenarnya, pesawat tanpa awak atau tanpa pilot sudah dikembangkan sejak pesawat tempur digunakan pertama kali dalam Perang Dunia I.

“Awalnya, pesawat tanpa awak digunakan untuk misi pengintaian. Kemudian pesawat-pesawat ini dilengkapi persenjataan untuk menjatuhkan bom, dan menyerang sasaran di darat, sekaligus menjadi alat pertempuran udara,” papar Felstead Seprang, editor Majalah Pertahanan Mingguan Jane's Defence Weekly.

Namun, Felstead menekankan, keberadaan pilot tetap diperlukan, terutama dalam pertempuran udara dan kasus-kasus tertentu.

Related

World's Fact 5784604785150875957

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item