Saat Memarkir Motor, Sebaiknya Pakai Standar Tengah. Ini Alasannya

 Saat Memarkir Motor, Sebaiknya Pakai Standar Tengah. Ini Alasannya

Naviri Magazine - Penggunaan standar samping atau tengah pada sepeda motor harus disesuaikan dengan kondisi area parkir. Demikian dikatakan Kepala Mekanik Bengkel Yamaha Mekar Motor Bintaro, Riko.

Riko menyarankan pemotor untuk menggunakan standar dua atau tengah, apabila memarkirkan motornya. “Kenapa? soalnya posisi standar ini lebih stabil untuk menopang keseluruhan berat motor. Standar samping sebenarnya bukan digunakan untuk parkir, tapi untuk berhenti sejenak," katanya.

Penggunaan standar samping, kata Riko, otomatis membuat motor jadi miring. Dengan posisi miring seperti itu, motor lebih mudah terjatuh meski terkena sedikit dorongan ke arah berlawanan, saat motor terparkir.

"Misalnya ketika parkir di jalanan menanjak atau miring, standar samping ini akan jadi tumpuan utama motor. Bukannya mencegah motor berhenti, standar samping jadi bikin titik pusat motor bergerak," ia menambahkan.

Kendati demikian, masih banyak pemilik motor yang salah mengoperasikan standar samping. Apalagi, untuk sejumlah motor, standar samping turut dilengkapi fitur side stand switch.

"Karena enggak mau repot mematikan motor lewat anak kunci, makanya jadi kebiasaan (mematikan motor) pakai standar samping. Sebenarnya tak ada yang melarang menggunakan standar samping, (tapi) ya harus lebih cermat dengan kondisi lahan parkir," paparnya.

Kebocoran sil suspensi

Kebiasaan menggunakan standar samping saat memarkir motor dalam waktu yang lama bisa membuat sil suspensi berumur pendek. Ketika posisi motor miring, berat motor berpusat di posisi tersebut. Artinya ada tekanan lebih ke suspensi sebelah kiri.

"Sil suspensi depan sebelah kiri biasanya habis duluan, karena menahan bebannya enggak seimbang, jadi enggak rata," imbuhnya.

Related

Automotive 8441056980598630024

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item