Sinta Nuriyah: Perempuan Muslim Tidak Wajib Memakai Jilbab

  Sinta Nuriyah: Perempuan Muslim Tidak Wajib Memakai Jilbab

Naviri Magazine - Sinta Nuriyah, istri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, mengatakan bahwa perempuan muslim tidak wajib memakai jilbab. Ia pun menyadari bahwa masih banyak orang yang keliru mengenai kata jilbab dan hijab.

Menurut dia, hijab tidak sama pengertiannya dengan jilbab. "Hijab itu pembatas dari bahan-bahan yang keras, seperti kayu. Kalau jilbab, bahan-bahan yang tipis seperti kain untuk menutup," kata Sinta di YouTube channel Deddy Corbuzier.

Ia mengakui bahwa setiap muslimah tidak wajib mengenakan jilbab, karena memang begitu adanya yang tertulis di Al Quran, jika memaknainya dengan tepat. "Enggak juga (semua muslimah harus memakai jilbab), kalau kita mengartikan ayat dalam Al Quran itu secara benar," kata Sinta.

Selama ini ia berusaha mengartikan ayat-ayat Al Quran secara kontekstual, bukan tekstual. Sinta juga mengakui bahwa kaum muslim banyak yang keliru mengartikan ayat-ayat Al Quran, karena sudah melewati banyak terjemahan dari berbagai pihak yang mungkin saja memiliki kepentingan pribadi.

"Dipengaruhi oleh adat budaya setempat, cara berpikir dia juga itu mempengaruhi pemahaman terhadap ayat-ayat agama yang bukan menjadi bahasannya, yang sama bahasannya pun bisa salah juga mengartikannya," kata Sinta.

Anaknya, Inayah Wahid, yang berada di sebelahnya, pun setuju dengan pendapat Sinta. Menurut dia, penafsir memang harus memiliki berbagai persyaratan untuk mengartikan ayat-ayat Al Quran. "Enggak boleh orang menafsirkan dengan sembarangan," kata Inayah.

Keduanya pun menyadari, setelah berkata demikian akan banyak yang tidak setuju dengan pandangannya, hingga mendapatkan perisakan oleh netizen. Namun mereka juga tidak ingin memaksakan orang di luar sana untuk setuju dengan mereka.

Related

News 3617417032163660698

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item