Subsidi Gas Elpiji 3 Kg Dicabut, Warga: Kami Bayar BPJS Saja Sudah Berat!

 Subsidi Gas Elpiji 3 Kg Dicabut, Warga: Kami Bayar BPJS Saja Sudah Berat!

Naviri Magazine - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mencabut subsidi elpiji 3 kilogram, pada Juli 2020 nanti. Harga gas melon yang semula berkisar Rp 21 ribu, naik hingga mencapai Rp 35 ribu per tabung. Lalu seperti apa tanggapan pelaku usaha mikro?

Yadi Supriyadi (31), pedagang bakso keliling di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengaku kenaikan gas elpiji 3 kg itu akan membebani usahanya.

"Pendapatan saya kecil, dan bakso ini juga kan dijajakan ke orang-orang di kampung dengan harga murah. Kalau misal harga tabung naik, mau saya jual berapa?" kata Yadi, Kamis (16/1/2020).

Setiap dua hari, ia harus mengganti tabung gas yang ia gunakan, untuk menjaga dagangannya tetap hangat. Tabung itu ia simpan di dalam gerobak.

"Harga jual gasnya saja sekarang saya beli Rp 23 ribu, belum lagi dengan tabung gas untuk membuat adonan baksonya di rumah. Saya beli per dua hari sekali," kata Yadi yang menjajakan baksonya Rp 5-10 ribu per porsi.

Ia berharap, pemerintah bisa membuat regulasi khusus, agar wacana ini tak memberatkan masyarakat kecil sepertinya. "Misal ada kartu subsidi, jadi tepat penggunannya. Sekarang kan sering disalahgunakan, banyak yang mampu, tapi pakainya gas 3 kg," katanya.

Linda (29) pedagang kaki lima di Lembang, mengaku keberatan dengan wacana tersebut. "Saya sebenarnya bisa setuju saja, tapi asalkan nanti uang untuk subsidinya dipakai untuk hal yang lebih membantu masyarakat," katanya.

"Misalnya untuk bantuan kesehatan seperti BPJS, karena sekarang kan iurannya naik. Sekarang saja kami lebih berat dengan BPJS, masa untuk usaha juga diperberat juga, tolonglah Pak Jokowi memahami," katanya.

Related

News 5937280145954417535

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item