Ini 8 Teknologi yang Akan Mengubah Hidup Manusia di Masa Depan

Ini 8 Teknologi yang Akan Mengubah Hidup Manusia di Masa Depan

Naviri Magazine - Seratus tahun lalu, manusia tidak mengenal internet, tidak mengenal ponsel, dan tidak mengenal berbagai alat canggih seperti yang kita kenal dan gunakan sekarang. Tapi kini kita telah akrab dengan ponsel, dengan komputer, dengan internet, dengan berbagai gadget canggih.

Kira-kira, akan seperti apa kehidupan manusia dalam seratus tahun ke depan? Berikut ini perkiraan yang akan terjadi.

Super Digital Libraries

Meningkatnya konektivitas internet menjadi penyebab utama mudahnya interaksi antara perpustakaan satu dengan yang lain. Perpustakaan digital tidak lagi hanya diakses di satu lingkup LAN atau WAN, tetapi telah membentuk semacam perpustakaan super yang dapat diakses manusia dari seluruh dunia.

Dukungan server dan database yang besar telah dimiliki oleh beberapa perpusatakaan, khususnya yang bertaraf internasional. Meskipun seluruh informasi yang ada tidak semua bisa Anda dapatkan dengan gratis.

Ruang perpusatakaan tidak lagi dipenuhi oleh tumpukan buku-buku, tetapi jajaran server yang berkualitas, dan kapasitas yang sangat besar, yang berisi berbagai macam jutaan e-book.

Kita ambil contoh tren yang sudah ada, misalnya kursus MIT yang sudah dapat dilaksanakan secara online, atau trend 'Google Book Search'. Dengan era super digital library, segala pertanyaan Anda terhadap berbagai hal dapat terjawab secara cepat.

Gene Therapy and/or Stem Cells

Upaya untuk modifikasi genetika akan semakin gencar dikembangkan oleh para ilmuwan. Mengubah gen bukan lagi hal yang tidak mungkin, bahkan dapat dilakukan dengan mudah. Trik merubah genetika atau sel-sel tertentu akan berkembang dengan pesat.

Therapeutic kloning

Teknologi klonning bagian tubuh manusia akan berkembang. Tujuannya adalah untuk kesehatan, misalnya penyakit kanker yang kronis, sehingga harus diangkat. Maka perlu dibuatkan kloning, agar memiliki karakteristik yang sama terhadap anggota tubuh yang diangkat. Sebab jika pengganti tidak memiliki karakteristik sama, anggota tubuh yang lain bisa menolak.

Penyebaran teknologi internet wireless

Teknologi WiMAX, 3G, 4G dan seterusnya, akan mudah tersebar ke penjuru dunia hingga ke pelosok. Setiap orang bisa online di mana saja setiap saat. Hal itu akan mengimplikasikan semakin mudahnya koneksivitas berbagai peralatan komunikasi dengan berbagai platform.

Misalnya, Anda ingin menghubungkan alarm pencuri rumah dengan handphone Anda, akan sangat mudah.

Mobile Robots

Defence Advanced Research Projects Agency (DARPA) telah memiliki program sejak tahun 2005 untuk menyelenggarakan DARPA Chalenge (kontes mobil robot). Mobil-mobil ini tanpa awak dan tanpa remote control. Ia bisa menjalankan tugas yang diberikan untuk mengantarkan sesuatu hingga ke tujuan, dengan mengetahui peta jalan raya dan berbagai seluk beluknya.

Teknologi ini telah lama dikembangkan oleh militer AS, untuk mengurangi korban jika terjadi perang, Tujuan awalnya adalah mobil dengan misi supplyer yang mampu menembus jalan, manuver, navigasi andal yang berbasis mesin intelegence, dan teknologi robot.

Mesin ini juga dilengkapi alat sensor dan positioning yang super canggih. Alat tersebut mampu menjelaskan semua karakteristik lingkungan yang dilalui, untuk membawa tugas yang diberikan.

Location-Based Computing

Teknologi ini telah dikembangkan oleh perusahaan TED, dimana proyek ini dikembangkan oleh pemuda asal india, Pranav Mistry, dengan teknologi yang disebut teknologi indera keenam.

Segala sesuatu bisa Anda masukkan ke dalam dunia data, sesuai keinginan pikiran Anda. Misalnya Anda berimajinasi menggunakan telapak tangan untuk telepon, itu bisa dilakukan. Atau selembar kertas untuk browsing bisa dilakukan hanya dengan seperangkat alat yang mampu menghubungankan dunia dengan dunia data.

Desktop 3D Printing

Ke depan, Anda bisa membuat dan men-download desain 3 dimensi, dan langsung di-print dengan teknologi desktop 3D Printer. Langkah selanjutnya akan digunakan untuk mendesain gadget Anda sendiri. Desain mainan anak Anda, alat-alat rumah tangga, dll.

The Hydrogen Economy

Penggunaan teknologi untuk mengubah air menjadi hidrogen atau gas lainnya. Artinya, air bisa dijadikan sebagai bahan bakar.

Penelitian beberapa ilmuwan menyatakan bahwa unsur yang terkandung dalam hidrogen bisa dibentuk dari air. Hal ini akan meningkatkan perekonomian dunia, sebab bahan bakar, kebutuhan penting umat manusia, bisa diganti dengan air.

Related

Technology 4582827208288345536

Recent

item