Ini 12 Cara Agar Terhindar dari Kanker, Menurut Penelitian Ahli (Bagian 1)

 Ini 12 Cara Agar Terhindar dari Kanker, Menurut Penelitian Ahli

Naviri Magazine - Anda bisa benar-benar terbebas dari kanker, hanya jika gaya hidup Anda sehat. Yang paling mendasar, Anda harus menguasai 3 hal, yaitu diet, olahraga, dan menghindari rokok.

Thomas A. Sellers, PhD, direktur pencegahan dan pengendalian kanker di Moffitt Cancer Center, Tampa, mengatakan 70 persen penyebab kanker bisa dihindari, karena berkaitan dengan gaya hidup.

Namun penelitian berikutnya mengungkapkan banyak hal kecil namun mengejutkan, yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini menyerang tubuh. Untuk lebih jelasnya, simak 12 cara mudah untuk terbebas dari risiko kanker, seperti dilansir dari prevention berikut ini.

Saring air keran di rumah

Dengan memberi filter pada air keran di rumah, Anda akan mengurangi risiko terpapar bahan kimia yang diketahui atau diduga mengandung karsinogen dan bahan kimia pengganggu hormon lainnya.

Sebuah laporan dari President's Cancer Panel dan Environmental Working Group tentang cara mengurangi paparan karsinogen, menunjukkan bahwa air keran yang difilter di rumah terbukti lebih aman daripada air botolan, yang kualitasnya seringkali tidak lebih tinggi, bahkan dalam beberapa kasus lebih buruk daripada sumber air kota.

Simpan air dalam wadah berbahan stainless steel atau kaca, untuk menghindari kontaminan kimia seperti BPA yang bisa didapatkan dari botol plastik.

Sebelum dipanggang, rendam dulu dagingnya

Daging olahan yang hangus dan matang bisa mengandung senyawa kimia penyebab kanker, bernama heterocyclic amines (HCA), yang terbentuk ketika daging dibakar pada suhu tinggi, dan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH) yang masuk ke dalam makanan ketika arang dibakar.

"Rekomendasi untuk mengurangi konsumsi daging panggang memang benar-benar didasari bukti ilmiah yang solid," kata Cheryl Lyn Walker, PhD, profesor karsinogenesis di Universitas Texas M.D. Anderson Cancer Center.

Kalaupun Anda memanggang daging, rendam daging ke dalam air berisi rosemary dan thyme, setidaknya satu jam sebelum dipanggang.

Menurut penelitian dari Kansas State University, bumbu-bumbu kaya antioksidan itu dapat memotong HCA hingga 87 persen.

Minum kopi setiap hari

Orang yang minum kopi berkafein 5 cangkir atau lebih dalam sehari, memiliki penurunan risiko kanker otak sebesar 40 persen, seperti dikutip dari sebuah studi di Inggris pada 2010. Kebiasaan minum kopi 5 cangkir per hari mengurangi risiko kanker tenggorokan dan mulut.

Kopi memberikan perlindungan yang lebih kuat melawan kanker dibandingkan teh, yang dikatakan para peneliti Inggris juga menawarkan perlindungan terhadap kanker otak.

Banyak minum air putih

Minum banyak air dan cairan lain bisa mengurangi risiko kanker kandung kemih, dengan cara mengencerkan konsentrasi agen penyebab kanker dalam urin, dan membantu mengeluarkannya lebih cepat. Menurut American Cancer Society, minumlah air minimal 8 gelas sehari.

Tambah asupan sayuran 

Jika Anda ingin membuat salad, pilihlah bahan-bahan yang warna hijaunya paling gelap. Klorofil yang memberi sayuran warna hijau itu sarat magnesium. Menurut beberapa studi, senyawa itu bisa menurunkan risiko kanker usus besar pada wanita.

"Magnesium mempengaruhi proses pemberian sinyal pada sel-sel dalam tubuh, dan tanpa jumlah asupan magnesium yang benar, sel-sel itu mungkin akan melakukan berbagai hal seperti membelah dan berkembang biak tanpa terkendali," ujar Walker.

Hanya setengah cangkir bayam matang saja, memberikan asupan 75 mg magnesium atau 20 persen dari nilai hariannya.

Ngemil kacang brazil

Kacang brazil merupakan salah satu sumber selenium, antioksidan yang menurunkan risiko kanker kandung kemih pada wanita, berdasarkan penelitian dari Dartmouth Medical School.

Penelitian lain menemukan bahwa orang yang memiliki selenium berkadar tinggi, memiliki risiko kematian lebih rendah dari penderita kanker paru-paru dan usus.

Para peneliti berpikir, selenium tidak hanya melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, tetapi dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan menekan pembentukan pembuluh darah yang memberi makan tumor penyebab kanker.

Baca lanjutannya: Ini 12 Cara Agar Terhindar dari Kanker, Menurut Penelitian Ahli (Bagian 2)

Related

Tips 8580055757093252234

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item