Ini 12 Cara Agar Terhindar dari Kanker, Menurut Penelitian Ahli (Bagian 2)

Ini 12 Cara Agar Terhindar dari Kanker, Menurut Penelitian Ahli

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 12 Cara Agar Terhindar dari Kanker, Menurut Penelitian Ahli - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Bakar faktor risiko kanker payudara 

Olahraga ringan seperti jalan cepat 2 jam seminggu, bisa memotong risiko kanker payudara hingga 18 persen. Latihan secara teratur dapat menurunkan risiko dengan membantu Anda membakar lemak yang menghasilkan estrogen dan berkontribusi terhadap kanker.

Tanyakan lepadatan payudara pada dokter

Wanita yang telah menjalani mammogram berisiko terserang kanker 4-5 kali lebih tinggi dari wanita dengan skor kepadatannya rendah. Satu teori mengatakan bahwa kepadatan payudara dihasilkan dari tingginya kadar estrogen yang dimiliki, sehingga penting bagi wanita yang memiliki kepadatan payudara tinggi untuk melakukan latihan fisik secara teratur.

"Menyusutkan lemak pada tubuh Anda juga mengubah faktor pertumbuhan, serta memberikan sinyal pada protein seperti adipokine dan hormon seperti insulin, agar cenderung mematikan proses dalam sel-sel yang berusaha meningkatkan pertumbuhan kanker," lanjut Walker.

Jangan pakai pengering cucian

Sebuah pelarut yang dikenal sebagai PERC (singkatan dari perkloroetilena), yang digunakan dalam pengering tradisional, dapat menyebabkan kanker hati dan ginjal serta leukemia.

Bahaya utamanya bisa terjadi pada para pekerja laundry yang menangani bahan kimia atau pakaian, meskipun para ahli belum menyimpulkan bahwa konsumen juga berisiko terserang kanker.

Alternatif untuk mengurangi paparan racun dari pengering: Cuci pakaian dengan tangan dan sabun lembut, dan keringkan dengan udara. Setelah itu, bersihkan tempat cucinya dengan cuka putih.

Kurangi penggunaan ponsel

Gunakan ponsel Anda hanya untuk panggilan pendek atau SMS, bisa juga dengan menggunakan perangkat hands-free yang mengurangi pancaran frekuensi radio di kepala Anda.

Meskipun bukti bahwa ponsel mampu meningkatkan risiko kanker otak "tidak konsisten dan konklusif", ungkap laporan President's Cancer Panel, namun sejumlah review terhadap beberapa studi menunjukkan adanya kaitan di antara keduanya.

Blokir sinar matahari dengan baju berwarna

Memilih pakaian tertentu saat Anda keluar rumah, dapat membantu melindungi Anda dari kanker kulit, kata para ilmuwan Spanyol. Dalam penelitian, baju berwarna biru dan merah menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap sinar UV, daripada baju berwarna putih dan kuning.

Jangan lupa juga untuk memakai topi. Meskipun melanoma bisa saja muncul dimana pun di tubuh Anda, namun sebagian besar terjadi pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari.

Peneliti dari University of North Carolina di Chapel Hill telah menemukan bahwa orang yang mengidap melanoma di kulit kepala atau leher, berisiko meninggal hampir dua kali daripada penderita kanker di bagian tubuh lainnya.

Makan makanan bersih

President's Cancer Panel merekomendasikan untuk membeli daging bebas antibiotik dan hormon tambahan, yang diduga menyebabkan masalah endokrin, termasuk kanker.

Laporan ini juga menyarankan agar Anda membeli produk makanan yang ditumbuhkan tanpa pestisida. Kalaupun tidak ada, belilah bahan makanan biasa, lalu cucilah bahan makanan itu secara menyeluruh untuk menghilangkan residunya. (Bahan makanan dengan pestisida paling banyak seperti seledri, buah persik, stroberi, apel, dan blueberry)

"Setidaknya 40 jenis karsinogen banyak ditemukan dalam pestisida, dan kita benar-benar harus mencoba untuk mengurangi paparannya," tambah Sellers.

Related

Tips 8892810678515642544

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item