Thomas Hunt Morgan, Ilmuwan Penemu Gen dan Peraih Hadiah Nobel

Thomas Hunt Morgan, Ilmuwan Penemu Gen dan Peraih Hadiah Nobel

Naviri Magazine - Thomas Hunt Morgan adalah ahli genetika dari Amerika Serikat yang menemukan bahwa faktor-faktor keturunan (gen) tersimpan dalam lokus yang khas dalam kromosom.

Thomas Hunt Morgan lahir pada 25 September 1866. Dia adalah genetikawan Amerika Serikat, yang kakek buyut dari pihak ibunya adalah Francis Scott Key, penulis lirik lagu kebangsaan Amerika Serikat, The Star-Spangled Banner.

Morgan merintis seluruh bidang genetika dengan kajiannya pada Drosophila melanogaster, lalat buah. Di Caltech, ia berkolaborasi dengan Calvin Bridges dan Alfred Sturtevant.

Pada 1915, Morgan berkolaborasi dengan Sturtevant, Hermann Muller, dan Bridges, dalam menulis buku teks The Mechanism of Mendelian Inheritance.

Pada 1933, Morgan dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran untuk penemuan mekanisme kromosom yang sifat-sifatnya diwariskan melalui keturunan melalui interaksi gen.

Thomas Hunt Morgan meninggal pada 4 Desember 1945, pada umur 79 tahun.

Related

Science 2451863290391013005

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item