Ternyata, Putih adalah Warna Mobil yang Paling Disukai di Dunia

  Ternyata, Putih adalah Warna Mobil yang Paling Disukai di Dunia

Naviri Magazine - Selain spesifikasi dan harga, hal lain yang menjadi pertimbangan konsumen saat membeli mobil adalah warna. Sebab, banyak kalangan beranggapan, warna merupakan cerminan karakter penggunanya. Sedang cerah atau gelap adalah perkara preferensi.

Di Indonesia dan beberapa belahan dunia lainnya, hitam merupakan warna mobil yang paling mudah ditemui di jalan raya. Bukan hanya soal karakter, pemilihan kelir itu juga ditenggarai sebagai upaya konsumen menjaga bodi mobilnya tetap bersih. Sebab, hitam dinilai bisa menyamarkan noda atau debu yang terhampar di tubuh kendaraan.

Namun, tahukah kamu jika hitam bukan merupakan warna mobil yang paling disukai penduduk dunia? Sebab, berdasarkan data yang dirilis Axalta, sebagai perusahaan spesialis pelapis cat mobil yang bermarkas di Philadelphia, Amerika Serikat, warna mobil yang paling digandrungi masyarakat global ternyata adalah putih.

Dalam laporan yang dipublikasikan pada 6 November 2019 lalu itu, ada sepuluh warna yang paling disukai, dengan besaran persentase berbeda, dan dijabarkan sesuai peringkatnya. Adapun mobil berkelir putih masih paling laris diburu konsumen dunia, dengan persentase 38 persen, diikuti hitam 19 persen, dan abu-abu 13 persen.

Selebihnya, 10 persen warna silver, tujuh persen biru, enam persen merah, tiga persen coklat, dua persen kuning, satu persen hijau, dan satu persen sisanya adalah warna lain.

Data tersebut tentu membuat kita terkejut, mengingat penjualan mobil putih ternyata dua kali lebih banyak dibandingkan hitam. Padahal, fakta di jalan raya memperlihatkan, peredaran mobil hitam tampak lebih dominan. Apakah kenyataan tersebut merupakan representasi negara-negara di luar Asia saja? Nyatanya tidak juga.

Khusus di benua kuning, kepopuleran mobil warna putih, khususnya white pearl (putih mutiara) mengalami peningkatan satu persen. Malah warna gelap cenderung mengalami penurunan, salah satunya abu-abu. Hal ini membuktikan bahwa warna putih memang digandrungi masyarakat secara global.

Menariknya lagi, Manager Produksi Axalta Global, Nancy Lockhart, mengatakan, putih sudah menjadi warna mobil favorit sejak delapan tahun berturut-turut. Artinya, fakta tersebut bukan menjadi hal baru di industri roda empat.

"Kami mulai melihat warna-warna lain semakin mendapatkan popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir. Yang pasti, konsumen benar-benar mulai mengubah cara mereka melihat warna kendaraan mereka," kata Lockhart.

Related

Automotive 3179025890109630321

Recent

item