Benarkah Air yang Sudah Matang Bisa Berbahaya Jika Direbus Kembali?

Benarkah Air yang Sudah Matang Bisa Berbahaya Jika Direbus Kembali? naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Informasi yang menyebut bahwa air yang sudah matang bisa berbahaya jika direbus kembali, beredar di media sosial. Menurut informasi itu, apabila air yang sudah matang direbus kembali, susunan kimianya akan berubah sehingga malah menjadikannya racun bagi tubuh.

Di Facebook, informasi itu diunggah salah satunya oleh halaman Tips dan Inspirasi Berkebun. Berikut ini isi lengkap informasi tersebut:

"INFO SEHAT !!!

Merebus Air yang Sudah Mendidih Ternyata Berbahaya!

Kelihatannya memang sepele, tapi tahukah anda ternyata AIR yang sudah matang sangat TIDAK BOLEH direbus kembali.

Memang terkadang kita sering merebus kembali AIR yang sudah matang untuk memakainya kembali.

Entah itu diolah menjadi minuman panas atau memasak makanan. Kita beranggapan, AIR yang sudah matang lalu direbus kembali akan semakin bersih.

Sebaliknya, AIR tersebut malah sangat BERBAHAYA buat tubuh kita.

AIR yang sudah Matang & Direbus ulang akan merubah susunan Kimianya. Sehingga malah menjadikannya RACUN bagi tubuh kita.

AIR matang yg Direbus Ulang akan menghasilkan bahan kimia tertentu seperti: ARSENIK, NITRAT & FLUORIDE. Dan itu sangat BERBAHAYA bagi EMPEDU & GINJAL kita.

BAHAYA Keracunan ARSENIK meliputi Neuropati Perifer, Gejala Gastrointestinal, Diabetes, Efek Sistem Ginjal, Penyakit Jantung & Tumbuhnya Sel Kanker.

NITRAT telah dikaitkan dengan banyak penyakit seperti Leukemia, Limfoma non-Hodkin, & Penyebab Kanker Usus, Kanker Kandung Kemih, Kanker Ovarium, Kanker Perut, Kanker Pankreas & Kanker Kerongkongan.

Hasil penelitian Harvard University menyimpulkan bahwa FLUORIDE yang ditemukan dalam air minum mengakibatkan Rendahnya IQ pada anak-anak. Ngeriiii, akibat dari Perebusan Ulang Air yang sudah matang.

Mulai sekarang biasakan Merebus Air 1X saja.

Semoga bermanfaat."

Hingga artikel ini dibuat, unggahan halaman Tips dan Inspirasi Berkebun tersebut telah dibagikan lebih dari 500 kali, dan direspons hampir 600 kali.

Benarkah air yang sudah matang bisa berbahaya jika direbus kembali?

Pemeriksaan fakta

Berdasarkan penelusuran, informasi bahwa air yang sudah matang berbahaya jika direbus kembali telah muncul sejak 2015 lalu. Sejak November 2015, informasi itu telah beredar di luar negeri. Informasi tersebut menyebar di Indonesia sejak Februari 2016 dan terus dibagikan hingga kini.

Namun, pada 25 Februari 2016, Kepala Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Agus Haryono, memastikan bahwa informasi mengenai air yang sudah matang berbahaya jika direbus kembali adalah hoaks.

Agus mengatakan, secara umum, proses pemanasan bisa menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Reaksi ini terjadi karena adanya proses tumbukan antar zat dalam suatu media akibat pemanasan. Namun, tumbukan antar zat itu hanya bisa terjadi jika dalam media tersebut sudah tersedia beberapa zat yang siap untuk bereaksi.

Menurut Agus, dalam air putih, tidak ada zat yang siap untuk bereaksi. "Sehingga tidak mungkin suatu zat bisa timbul begitu saja tanpa ada penambahan di awal reaksi. Proses pemanasan pertama, kedua, maupun ketiga dan seterusnya tidak akan bisa menghasilkan suatu zat baru," tuturnya.

Soal bahan kimia yang disebutkan dalam informasi yang viral itu, seperti arsenik, nitrat, dan fluoride, Agus memastikan bahwa bahan-bahan kimia tersebut tidak akan bisa muncul dalam air putih, kecuali memang sengaja ditambahkan. "Jadi, cerita itu tidak benar dan dipastikan hoaks," kata Agus.

Dilansir dari situs kesehatan KlikDokter.com, menurut dokter Dyan Mega Inderawati, informasi bahwa air yang sudah matang berbahaya jika direbus kembali masih perlu dikaji ulang, dan diteliti dalam jangka panjang. Pasalnya, kanker adalah penyakit multifaktor.

"Merebus air sebenarnya bisa mematikan kuman dan bakteri penyebab diare, dan gangguan saluran pencernaan. Kalau soal air rebusan menyebabkan kanker, itu perlu dikaji ulang. Itu karena penyebab kanker banyak, tidak cuma satu faktor saja. Bisa jadi karena gaya hidup, merokok, dan faktor genetik, biasanya sangat berpengaruh besar akan kanker," ujar Dyan.

Kesimpulan

Berdasarkan pemeriksaan fakta di atas, informasi bahwa air yang sudah matang berbahaya jika direbus kembali merupakan informasi yang keliru.

Menurut LIPI, reaksi kimia hanya bisa terjadi jika dalam sebuah media tersedia beberapa zat yang siap bereaksi. Dalam air putih, tidak ada zat yang siap bereaksi. Bahan-bahan kimia seperti arsenik, nitrat, dan fluoride pun tidak akan bisa muncul dalam air putih, kecuali memang sengaja ditambahkan.

Related

Science 5039109533265503249

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item