Barang-barang Berantakan di Rumah Bisa Bikin Kita Sering Stres

Barang-barang Berantakan di Rumah Bisa Bikin Kita Sering Stres, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Memiliki barang-barang yang berantakan dapat membuat kita merasa stres, cemas, dan tertekan. Riset dari Amerika Serikat (AS) pada tahun 2009 menemukan bahwa ibu yang tinggal di rumah yang berantakan memiliki hormon stres yang lebih tinggi.

Lingkungan rumah yang berantakan secara kronis dapat menyebabkan tubuh berada pada fase kecemasan berlebihan, yang akan membebani hidup kita yang didesain untuk bertahan hidup.

Fase cemas yang berlebihan ini dapat memicu perubahan fisik dan psikologis yang mempengaruhi cara kita memerangi penyakit dan mencerna makanan, serta meningkatkan risiko kita terjangkit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Barang-barang yang berantakan mungkin juga memiliki implikasi terhadap hubungan kita dengan orang-orang di sekitar kita. Sebuah penelitian di AS tahun 2016, misalnya, menemukan bahwa barang-barang yang berantakan mengakibatkan objek riset kurang mampu menafsirkan dengan benar ekspresi emosi pada wajah karakter dalam sebuah film.

Dan yang mengejutkan, dampak itu tidak hilang ketika kita tidur. Orang-orang yang tidur di kamar yang berantakan lebih cenderung memiliki masalah tidur. Orang-orang tersebut entah sulit tidur dan sering terganggu pada malam hari.

Related

Psychology 8142914676334722082

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item