Mengapa Belalang Punya Kaki Berukuran Besar? Jawabannya Tak Terduga

Mengapa Belalang Punya Kaki Berukuran Besar? naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Belalang memiliki tiga pasang kaki, yaitu kaki depan, kaki tengah, dan kaki belakang. Berbeda dengan kaki depan dan tengah, sepasang kaki di tubuh belalang memiliki ukuran yang jauh lebih besar, lebih panjang, dan lebih kuat.

Sepasang kaki belakang yang besar itu sangat penting bagi belalang untuk melompat jauh, khususnya ketika merasa terancam oleh predator. Dalam sekali lompat, belalang bisa mencapai jarak 1,5 meter. Jarak lompatannya akan semakin jauh jika belalang melompat sambil mengepakkan sayapnya. Ketika itu terjadi, belalang seakan terbang di udara.

Ketika akan melompat, belalang akan menarik kaki belakangnya ke depan, kemudian sepasang kakinya yang besar dan panjang itu dihentakkan ke belakang dengan kekuatan penuh sekaligus cepat.

Belalang pun melesat ke udara, dan hinggap jauh dari tempat semula. Belalang akan menggunakan kemampuan melompatnya itu ketika terancam oleh musuh, sehingga bisa segera menghindar dari musuh yang mendekat.

Selain itu, sepasang kaki yang besar dan panjang memungkinkan belalang untuk berenang di air. Hewan itu bahkan dapat berenang dengan cepat. Karena itulah, belalang termasuk salah satu perenang yang baik di kalangan serangga. 

Related

Science 7015954465137752460

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item