Ternyata, Suka Bicara Pada Diri Sendiri adalah Tanda Orang Cerdas

Ternyata, Suka Bicara Pada Diri Sendiri adalah Tanda Orang Cerdas, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Apakah kalian menyadarinya? Setiap hari kita selalu berbicara pada diri sendiri. Mulai dari hal-hal kecil seperti, "Aku akan terlambat!" atau "Aku lapar!" hingga "Aku sangat lelah di kantor!" Beberapa hal ini sering terlintas di pikiran, namun apakah kamu pernah mengatakannya dengan keras? Jika iya, artinya kamu sedang berbicara pada diri sendiri.

Bicara pada diri sendiri ternyata memiliki banyak manfaat. Seorang pekerja sosial klinis dan psikoterapis, Lisa Ferentz, kerap menggunakan cara ini ketika membantu kliennya mengembangkan pandangan positif tentang diri mereka dan tentang masa depan.

"Penting untuk berbicara kepada diri kita sendiri, karena monolog batin itu menginformasikan dengan cara yang halus kepada pikiran, emosi, dan pilihan untuk menentukan sikap kita selanjutnya," katanya, seperti dikutip dari Reader's Digest.

Sederhananya, jika terus-menerus berpikir kritis, menghakimi, atau berfikiran negatif, hal ini akan membuatmu sulit menghadapi segala sesuatu dengan sikap positif.

Sebuah penelitian dari University of Lethbridge menemukan bahwa siswa yang diajari cara terlibat dalam pembicaraan diri positif dan negatif mampu mengubah perspektif, sikap, dan reaksi mereka. Selain itu, bicara pada diri sendiri adalah salah satu tanda bahwa kamu sebenarnya lebih pintar dari yang kamu sadari.

Ferentz juga menyarankan untuk membisikkan apa yang ada dalam pikiran dan perasaan, saat kita sedang berada dalam kondisi terintimidasi, terancam, atau tengah menghadapi kejadian yang luar biasa.

"Ketika kita membisikan hal positif pada diri kita sendiri, itu memberi kita sedikit lebih banyak kekuatan dan keberanian, sehingga kita dapat menghadapi skenario yang menantang," katanya.

Nah, jika kamu termasuk orang yang sering bicara pada diri sendiri, jangan khawatir. Hal tersebut wajar, semua orang pasti pernah melakukannya.

Related

Psychology 3715883350223552393

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item