Ternyata Ini Penyebab Daun Sirih Bisa Menyembuhkan Mimisan

Ternyata Ini Penyebab Daun Sirih Bisa Menyembuhkan Mimisan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Secara tradisional, daun sirih sering digunakan untuk menghentikan perdarahan ketika mimisan. Jika di Indonesia disebut daun sirih, di Prancis daun itu disebut betel, di Portugal disebut betelhe atau vitele, sementara di Cina disebut ju jiang. Mengapa daun sirih bisa menyembuhkan mimisan?

Daun sirih mengandung minyak esensial, hydroxycatechol, chavicol, chavibetol, eugenol, methyl eugenol, kariofilena, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula, dan pati.

Kandungan bahan-bahan itulah yang menjadikan daun sirih dapat menghentikan perdarahan sewaktu mimisan. Caranya dengan menggunakan selembar daun sirih yang digulung dan ditekan hingga mengeluarkan sedikit minyak. Setelah itu dimasukkan ke lubang hidung yang mengeluarkan darah.

Sebenarnya, daun sirih tidak hanya berfungsi menghentikan perdarahan pada mimisan, tetapi juga perdarahan pada luka.

Kandungan antiseptik yang tinggi pada daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati bau badan atau bau mulut, menyembuhkan luka dan ruam pada kulit, serta mengobati keputihan pada wanita. Bahkan, kandungan fenol pada daun sirih 5 kali lebih efektif sebagai antiseptik dibandingkan fenol biasa.

Related

Science 5355045857864905136

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item