Inilah yang Akan Terjadi jika Amerika dan Rusia Perang Nuklir

Inilah yang Akan Terjadi jika Amerika dan Rusia Perang Nuklir, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Bisa kamu bayangkan jika suatu saat nanti terjadi perang nuklir antara Amerika Serikat dengan Rusia? Itulah yang coba disimulasikan oleh sekelompok ilmuwan AS baru-baru ini. 

Dalam laporan hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of Geophysical Research: Atmospheres, para ilmuwan menjabarkan bahwa perang nuklir tersebut akan menyebabkan “nuclear winter” atau musim dingin panjang selama bertahun-tahun.

Sebab, asap kebakaran dan polusi akan menghalangi sinar matahari sampai ke bumi. Efeknya bahkan diklaim tidak akan menghilang selama satu dekade alias 10 tahun.

Berdasarkan laporan Futurism, para peneliti dalam studi tersebut mengungkapkan, suhu di seluruh dunia rata-rata akan turun hingga mencapai 9 derajat Celsius. Butuh waktu sekitar tiga tahun untuk memulihkan kondisi cahaya permukaan bumi kembali ke awal seperti sebelum serangan terjadi. Pemulihan itu pun tak sampai separuhnya atau berkisar hanya 40 persen.

Studi tersebut sangat relevan, mengingat ketegangan yang terjadi antara AS dengan Rusia belakangan ini. Awal Agustus lalu, AS secara resmi menarik diri dari Perjanjian Nuklir Era Perang Dingin dengan Rusia.

AS menuding Rusia telah melanggar perjanjian, dengan mengembangkan rudal jenis baru, 9M729. Namun tudingan tersebut langsung dibantah pihak Rusia.

Usai setop perjanjian nuklir dengan Rusia, AS seolah memiliki ruang gerak yang lebih bebas dengan menguji coba rudal jelajah jarak menengah.

Tindakan tersebut membuat pihak Rusia meradang. Melalui Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, AS dituduh telah menyulut ketegangan militer. Sergei melontarkan komentarnya itu dalam sesi wawancara dengan kantor berita pemerintah Tass, Rusia.

Apabila ketegangan ini tak kunjung mereda, bukan tak mungkin AS dan Rusia bakal saling menghabisi lewat pecahnya perang nuklir. Imbasnya bukan hanya di kedua negara adidaya tersebut, tetapi akan merembet pula pada hancurnya negara-negara lain di dunia.

Related

Science 8527376381949292660

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item