Mengungkap Fakta di Balik Isu Virus Corona Disebar Lewat HP Xiaomi

Mengungkap Fakta di Balik Isu Virus Corona Disebar Lewat HP Xiaomi

Naviri Magazine - Beredar konten di media sosial yang mengklaim bahwa virus corona dapat disebarkan melalui handphone Xiaomi, di tengah kekhawatiran virus corona Wuhan bagi masyarakat secara global.

Konten ini cukup masif dibagikan oleh warganet di media sosial, baik Facebook maupun Twitter. Seperti unggahan yang dibuat akun Pineappel ke sebuah grup Facebook pada Senin lalu.

Akun Pineappel melampirkan foto yang memperlihatkan percakapan Whatsapp yang mengklaim bahwa virus corona yang berasal dari China menyebar melalui server dan dikeluarkan dari speaker Xiaomi. Ia juga menambahkan narasi:

"PERINGATAN DAN PERHATIAN KEPADA SELURUH OJOL BAHWA VIRUS CORONA SUDAH MENYEBAR KE HP XIAOMI KARENA HP XIAOMI DARI CINA. VIRUS DISEBAR MELALUI SERVER DAN DIKELUARKAN KE SPEAKER. MUNGKIN AKUN KALIAN PADA GAGU KARNA SUDAH TERJANGKIT VIRUS CORONA SEHINGGA SERVER TIDAK MASUK ORDERAN BISA DIGANTI HP NYA KE MEREK MITO ATAU ADVAN BUATAN INDONESIA SAJA TERIMAKASIH. SEBARKAN BERITA PENTING INI SELAMATKAN DUNIA. SALAM SUNDA EMPIRE".

Unggahan akun Pineappel ini telah mendapatkan 101 like, 40 komentar dan 6 kali dibagikan saat tangkapan layar diambil.

Sementara di Twitter, akun @coromodol membuat cuitan pada Jumat (24/1/2020) yang serupa dengan klaim postingan dari akun Facebook Pineappel. Ia menulis:

"Virus corona nyebar lewat hp xiaomi. kalo abis salaman sm temen yang pake xiaomi, buru buru cuci tangan pake sabun".

Cuitan tersebut telah mendapatkan lebih dari 21.600 like dan 9.600 retweet.

Benarkah virus corona disebar lewat ponsel Xiaomi?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran, klaim dari postingan tersebut sama sekali tidak benar. Pernyataan yang menyebut virus corona dapat menyebar lewat benda mati juga tidak terbukti.

Hal ini didasarkan pada penjelasan Kementerian Kesehatan RI yang meluruskan isu yang beredar di masyarakat jika virus corona bisa menyebar melalui barang-barang impor dari China.

Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes, Achmad Yurianto, menjelaskan virus corona tidak akan pernah bisa hidup jika menempel di benda mati, sehingga masyarakat tidak perlu takut menggunakan barang-barang dari China.

"Virus ini hanya bisa hidup di sel hidup, oleh karena itu terkait dengan barang-barang dan sebagainya sudah dengan tentu ini bukan sel hidup. Sehingga ini juga akan mati sehingga sangat tidak memungkinkan kalau ini menular melalui barang-barang, pakaian atau produk apa pun, sehingga ini juga harus kami jelaskan ke masyarakat, tidak perlu takut berlebihan terkait itu," kata Achmad dalam konferensi pers di Kemenlu, Jakarta Pusat.

Namun, dia tetap meminta masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup bersih agar terhindar dari virus apa pun, temasuk corona.

"Dalam satu menit rata-rata setiap orang menyentuh mata hidung mulut itu paling enggak 2 kali tanpa disadari. Nah, kalau kemudian tangan ini tercemar, maka ini sebenarnya sama dengan memasukkan sesuatu ke dalam mulut, ini yang harus ditekankan masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, penularan virus corona, berdasarkan penjelasan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dapat terjadi melalui kontak dekat dengan pasien atau orang yang terjangkit virus itu. Misalnya batuk atau bersin.

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng Mohammad Faqih, menjelaskan bahwa virus corona 2019 Novel Coronavirus atau 2019-nCoV yang muncul pertama kali di Wuhan, China, bisa menular antarmanusia lewat batuk dan bersin, hingga lewat makanan tercemar air liur orang yang terinfeksi virus tersebut.

"Dari cairan, dari air liur, kemudian kalau kena batuk di makanannya kemudian termakan, juga itu bisa menular," kata Daeng.

Penularan dengan kontak langsung dengan penderita bisa lewat pernapasan, percikan ludah, terkena napas atau batuk dari orang yang positif terjangkit virus corona, atau menyentuh langsung ke makanan yang dimakan orang terinfeksi virus.

Selain itu, penularan virus corona juga dapat berasal dari hewan ke manusia.

Kesimpulan

Jadi, konten yang disebarkan oleh akun Facebook Pineappel dan akun Twitter @coromodol termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan atau misleading content.

Related

Smartphone 1211254575259142541

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item