Pabrik Obat Kuat Ilegal Digerebek, Ini Bahaya Kandungan Sildenafil di Dalamnya

Pabrik Obat Kuat Ilegal Digerebek, Ini Bahaya Kandungan Sildenafil di Dalamnya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Polda Jatim menggerebek home industri obat kuat ilegal di perumahan Babatan Pilang, Wiyung, Surabaya. Bahan baku obat kuat tersebut adalah tepung herbal dan sildenafil.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Jatim, Mahanani, mengatakan, bahan sildenafil memang bisa digunakan sebagai obat kuat bagi laki-laki. Namun, harus dengan takaran dosis tertentu, sesuai resep dokter.

“Diperkenankan (sildenafil) itu dicampur dengan bahan kimia obat, karena sildenafil ternyata mempunyai efek samping sebagai obat kuat lelaki,” jelas Mahanani di Surabaya.

“Kalau dengan resep dokter itu sesuai kebutuhan. Tapi kalau dicampur pada obat tradisional, kita tidak tahu dosisnya, tidak tahu berapa banyak dia mencampurkan seperti itu,” imbuhnya.

Sedangkan bila mengonsumsi sildenafil tak sesuai resep dokter, dapat mengganggu metabolisme tubuh yang berdampak pada gangguan ginjal dan jantung.

“Ginjal akan terganggu, jantung akan terganggu, justru membahayakan,” jelas Mahanani.

Sementara itu, ia mengaku, Dinkes Jatim belum menerima laporan soal obat kuat ilegal. Pasalnya, hanya BPOM yang berwenang melakukan pengawasan.

“Dinas Kesehatan, baik Kabupaten maupun provinsi, fungsinya lebih ke pembinaan untuk pengawasan ke BPOM,” terangnya.

“Kita (dinkes) melakukan monev atau evaluasi, bisa ke sarana informasi ke kabupaten/kota maupun pembinaan, diharapkan bekerja sesuai SOP yang berlaku,” pungkasnya.

Related

News 8655008135775901804

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item