Menengok Pabrik Saus Berbahan Ubi, yang Jadi Favorit Pedagang Mi Ayam

Menengok Pabrik Saus Berbahan Ubi, yang Jadi Favorit Pedagang Mi Ayam, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memuji kualitas saus buatan pabrik Niki Harum, di Desa Kaligading, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Pujian itu karena saus yang dibuat di tengah desa itu favorit, dan berhasil dipasarkan ke luar daerah.

Pujian itu disampaikannya saat pria berambut putih itu mengunjungi pabrik pembuatan Saus Sambal "Niki Harum" milik H Sungeb. "Pabrik saus ini tengah desa, tapi pasarnya sudah sampai Jakarta, Surabaya. Ini bagus sekali," kata Ganjar.

Ganjar mengaku baru tahu jika di tengah desa di Kecamatan Boja terdapat pabrik saus yang digemari banyak penikmatnya. Keheranannya bertambah, ketika salah satu bahan baku pembuatan saus itu adalah ketela rambat atau ubi jalar.

"Ternyata di Boja ada pabrik saus, bahan baku dari ketela rambat, dan kebutuhannya ternyata kurang. Pabrik ini butuh suplai ketela rambat, dan buat petani yang tanam ketela rambat. Pabrik butuh bahan baku, dan ini akan bisa membikin nilai tambah bagi petani," kata dia.

Setiap hari, kebutuhan ketela rambat untuk pembuatan saus mencapai 32 ton per hari. Selama ini, suplai bahan baku didatangkan dari Jawa Timur. Ganjar pun ingin agar petani di sekitar desa itu dapat memanfaatkan kesempatan dengan menanam ubi jalar. Selama ini, ubi jalar oleh warga desa ditanam setelah tanaman padi.

"Jadi peluang masih besar untuk petani menyuplai ketela ke sini, saya akan coba bicara dengan dinas (pertanian) untuk membantu," ujarnya.

Saus Niki Harum sendiri menjadi salah satu produk favorit bagi pedagang mie ayam dan bakso di Jateng. Sebagian besar pedagang bakso menggunakan saus untuk pelengkap ketika mengonsumsi makanan berkuah tersebut.

Related

Food 8938474725442730263

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item