Panduan agar Cat Mobil Selalu Mengkilap dan Tak Cepat Kusam

Panduan agar Cat Mobil Selalu Mengkilap dan Tak Cepat Kusam, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Merawat eksterior kendaraan perlu jadi perhatian, khususnya buat pemilik mobil. Apalagi bila ingin mobil terus enak dipandang, tidak kusam, dan kesegaran cat terjaga.

Stefanus Yoga Putro Nugroho, owner Detailworksmotospa, memberikan beberapa tips, untuk menjaga tubuh mobil tetap segar, apalagi saat musim kemarau. Berikut lebih uraiannya.

Intensitas mencuci mobil

Mencuci mobil dilakukan minimal satu kali dalam seminggu. Sebab, jika kotoran dan debu menempel terlalu lama, akan mengakibatkan timbulnya baret halus (swirl marks).

“Kemarau identik dengan banyaknya debu. Debu itu biasanya akan nempel di bodi mobil. Sebaiknya dicuci dengan air, jangan hanya dilap atau menggunakan kemoceng saja, takutnya malah baret halus. Nah, setelah mencuci, pastikan juga langsung dikeringkan dengan benar, karena terik matahari sangat cepat membuat sisa air menjadi jamur (waterspot),” ucap Yoga.

Gunakan wax

Setelah mencuci mobil dilakukan dengan benar, pertimbangkan untuk memberikan wax. Yoga mengatakan, selain melindungi permukaan cat dari sinar UV matahari, wax juga berfungsi sebagai pelindung dari debu dan air.

“Wax itu punya sifat antistatik, jadi air dan debu enggak gampang nempel. Apalagi saat di jalan atau sedang parkir, kan biasanya ada kotoran hewan, itu mempermudah saat dibersihkan,” paparnya.

Coating

Buat yang memiliki budget lebih, mengaplikasikan coating pada kendaraan juga sangat direkomendasikan. Yoga menyebut, coating memiliki durabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan wax.

Partikel coating yang berukuran nano akan mempermudah proses penyatuan dengan lapisan pernis mobil. Selain menjadi proteksi untuk debu dan air, coating juga bisa membuat tampilan bodi mobil jadi lebih mengkilap.

Jangan parkir sembarangan

Terpenting, selalu pastikan mobil dalam kondisi bersih, dan jangan memarkirnya di tempat terbuka. Gunakan cover untuk menutup bodi mobil, tapi perhatikan saat memilih jenisnya. Bisa pilih yang inner-nya lembut, atau yang lebih bagus ada bubble cover-nya.

Terakhir, jangan lupa untuk merawat dan membersihkan interior. Selain memberikan kenyamanan saat berkendara, kabin mobil yang bersih juga akan membuat sirkulasi udara yang baik bagi kesehatan.

Related

Tips 3531978685532332092

Recent

item